Waspadai Mulut Kucing Bau Dan Sering Mengeluarkan Air Liur

Kucing dapat menyembunyikan penyakit dan masalah, tetapi ketika gejalanya sangat jelas seperti air liur atau bau busuk seperti bau mulut, sulit untuk mengabaikannya. Gejala-gejala ini bisa menjadi indikasi masalah serius tidak hanya di mulut kucing Anda, tetapi mungkin juga di bagian tubuhnya yang lain.

Ada beberapa penyebab bau mulut dan air liur yang berbeda pada kucing dan sementara kebanyakan dari mereka melibatkan penyakit di dalam mulut, mungkin ada alasan lain untuk gejala ini juga.

Penyebab Bau Mulut dan Mengiler pada Kucing

  • Tumor mulut
  • Penyakit periodontal
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati
  • Diabetes
  • Penyumbatan usus
  • Trauma mulut
  • Penyakit pernapasan

Tumor Mulut pada Kucing

Pertumbuhan atau tumor di dalam mulut kucing dapat tumbuh, terinfeksi, dan mengeluarkan bau busuk. 1  Hal ini menyebabkan bau mulut pada kucing Anda bersama dengan meneteskan air liur jika tumor cukup besar untuk masalah penyebab dengan menelan. Tumor di dalam rongga mulut seringkali tidak terlihat jelas karena bisa berada di belakang mulut atau bahkan di bawah lidah. Tidak sampai mereka mulai menimbulkan masalah atau pemeriksaan lisan menyeluruh telah dilakukan barulah mereka diperhatikan.

Penyakit Periodontal pada Kucing

Gigi kucing Anda dapat menampung bakteri dan sisa makanan jika tidak disikat secara teratur. 1  Item ini dapat terakumulasi dan kemudian menyebabkan infeksi di sekitar gigi dan mengiritasi gusi mengakibatkan penyakit periodontal. Penyakit periodontal juga dapat mencakup abses di bawah gusi bersama dengan bau mulut dan air liur. Jika tidak ditangani, penyakit periodontal dapat menyebabkan gigi tanggal atau pencabutan.

Penyakit Ginjal pada Kucing

Sayangnya, ginjal bisa gagal di beberapa titik dalam masa hidup kucing dan jika ini terjadi, bau mulut terkadang merupakan indikasi. 1  Ginjal menyaring racun dari darah kucing dan jika ginjal tidak beroperasi dengan baik atau kegagalan mereka tidak mampu untuk melakukan pekerjaan mereka. Hal ini menyebabkan penumpukan racun dalam darah dan menyebabkan halitosis.

Penyakit Hati pada Kucing

Jika napas kucing Anda berbau seperti empedu atau muntah, maka penyakit hati bisa menjadi penyebab bau mulut ini. 1  Hati membantu detoksifikasi tubuh dan menghasilkan empedu yang membantu dalam pencernaan lemak tetapi jika hati tidak bekerja dengan baik Anda mungkin bau busuk bau yang datang dari mulut kucing Anda. Muntah juga sering terlihat pada kucing dengan penyakit hati sehingga hal ini tentu saja dapat menyebabkan bau mulut juga.

Diabetes pada Kucing

Bau mulut akibat diabetes yang tidak terkontrol pada kucing memiliki bau buah atau manis yang khas. 1  Karena kucing dengan diabetes tidak dapat mengkonversi asam lemak dari jaringan lemak untuk trigliserida untuk energi, asam lemak dikonversi menjadi keton tidak dapat digunakan sebagai gantinya. Keton ini menyebabkan napas berbau manis yang sering terlihat pada kucing dengan ketoasidosis diabetikum.

Penyumbatan Usus pada Kucing

Kucing diketahui memakan makanan yang tidak boleh mereka makan dan terkadang makanan ini menyebabkan penyumbatan di saluran usus. Jika usus tidak dapat memindahkan makanan ke seluruh tubuh, hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada saluran usus. Sirkulasi bahkan mungkin terputus yang menyebabkan matinya beberapa usus. Nekrosis ini bersama dengan muntah yang akan terjadi pada kucing dengan penyumbatan usus menyebabkan bau mulut yang sangat buruk.

Trauma Mulut pada Kucing

Demikian pula jika kucing memiliki tumor yang terinfeksi atau berdarah di rongga mulut, trauma pada mulut dapat menyebabkan bau mulut dan air liur. Infeksi atau pendarahan dari luka menyebabkan rasa tidak nyaman, bau tidak sedap, dan air liur yang seringkali disertai darah. Jenis trauma ini dapat terjadi setelah kucing menggigit kabel listrik atau memiliki seutas tali yang memutus sirkulasi di lidahnya.

Penyakit Pernafasan pada Kucing

Beberapa kucing memiliki masalah pernapasan yang memengaruhi sinus dan saluran hidung mereka. 2  masalah ini biasanya melibatkan peradangan dan disebut sebagai rhinitis dan sinusitis. Peradangan juga dapat menyebabkan infeksi dan dapat menyebabkan bau mulut.

Pengobatan Bau Mulut dan Mengiler pada Kucing

Tergantung pada penyebab bau mulut dan air liur, pembedahan, perawatan gigi, atau obat-obatan akan diperlukan untuk memperbaiki masalah yang mendasarinya. Pekerjaan darah dapat dilakukan untuk memeriksa bagaimana organ-organ internal berfungsi, sinar-X dapat diambil untuk menilai paru-paru, lambung, atau usus, dan pemeriksaan mulut lengkap akan dilakukan untuk memeriksa tumor mulut, trauma, atau penyakit periodontal potensial. . Terkadang obat penenang atau anestesi penuh diperlukan untuk memeriksa mulut dan rencana perawatan yang dimaksudkan untuk memperbaiki bau mulut dan air liur akan didiskusikan dengan Anda oleh dokter hewan Anda.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.chaklyraflesia.blogspot.com)


Post Terkait

Comments