Vincent, Si Kucing dengan Kaki Buatan

Pasti kalian pernah mendengar atau melihat kisah kucing yang mampu bertahan hidup dengan kaki buatan. Kucing tersebut bernama Vincent. Kucing ini pertama kali ditemukan saat masih bayi, dengan kondisi kaki belakang yang terluka parah, bahkan kondisinya sangat mengenaskan karena hanya menyisakan sedikit punting yang berjalan dengan menyeret kaki belakangnya.

Sejak kecil Vincent menghuni sebuah tempat penampungan hewan terlantar. Kecacatan tubuhnya (kakinya) menarik perhatian Cindy Jones, seorang pekerja di situ. Ia kemudian membawa Vincent pulang ke rumah untuk dirawat sendiri.

Cindy yakin bahwa Vincent layak untuk mendapat kasih sayang dan berhak menjalani hidup seperti kucing lainnya. Ia lalu membawa Vincent ke Dr. Mary Sarah Bergh, profesor bedah tulang di Iowa State University.

Mary yang telah berpengalaman mengatasi kasus luka pada hewan ini menerapkan terapi fisik untuk Vincent. Tapi, karena tidak berhasil, Mary kemudian membuatkan kaki palsu agar Vincent bisa berjalan seperti kucing normal lainnya. Bekerja sama dengan perusahaan ortopedi binatang (Bio Medtrix), Mary merancang implan dari titanium yang bisa ditanamkan ke dalam tulang paha Vincent.

Operasi implan titanium Vincent dilakukan pada Februari 2014 lalu. Setahun kemudian dilanjutkan dengan operasi tahap kedua. Vincent diharapkan akan mempunyai kaki belakang yang panjangnya kurang lebih sama dengan panjang kaki kucing normal. Penambahan ini secara bertahap dilakukan agar Vincent bisa menyesuaikan diri dengan berat dan panjang kaki palsunya.

Perkembangan Vincent pasca-operasi sangat menggembirakan dan implannya dapat terpasang dengan stabil. Tim dokter berharap setelah dua kali perpanjangan kaki lagi Vincent mampu berjalan dengan hanya sedikit kesulitan. Menurut Mary eksperimen yang dilakukan pada Vincent ini akan membantu para ahli bedah tulang binatang untuk membuat implan yang lebih praktis untuk diaplikasikan pada binatang.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.catlovers.id)


Post Terkait

Comments