Tips Memilih Dokter Hewan untuk Kucing Anda

Dokter hewan adalah sahabat terbaik anda dalam membesarkan kucing anda. Mereka juga akan menjadi seseorang yang anda andalkan ketika si kucing kesayangan anda memerlukan perawatan medis. Tentunya anda tidak ingin sembarangan dalam memilih dokter untuk kucing kesayangan anda. Berikut adalah 5 tips agar anda tidak salah memilih dokter untuk kucing kesayangan anda.

  1. Cari referensi

Cari referensi sebanyak-banyaknya dari teman-teman sesame pencinta kucing, dari sumber yang terpercaya, juga tempat anda melakukan grooming, atau googling di internet untuk melihat fasilitas yang ditawarkan, harga, lokasi, dan juga testimoni orang-orang. Dan apakah anda akan memilih klinik, rumah sakit, atau dokter hewan yang memiliki praktek sendiri, untuk merawat si kucing. Serta pastikan memiliki reputasi yang baik.

  1. Interaksi yang baik

Setiap dokter hewan memiliki gaya komunikasinya tersendiri. Pilihlah yang sesuai dengan yang anda inginkan.  Anda juga harus merasa nyaman dan tidak malu untuk bertanya apa saja pertanyaan yang anda inginkan kepada dokter tersebut. Dokter yang baik akan sabar melayani segala pertanyaan anda dan ikut perhatian pada kucing kamu.

Selain nyaman dengan anda, si kucing juga harus merasa nyaman dengannya. Jangan sampai anda menunggu si kucing sakit, baru anda pergi membawanya ke dokter hewan, coba lihat ketika mereka vaksin atau datangi untuk sekadar check up, apakah si kucing merasakan nyaman dengan dokter tersebut.  Lihat bagaimana dokter hewan dan para staff memperlakukan mereka. Pada umumnya kucing akan sedikit takut ketika dibawa ke dokter, tapi anda pasti bisa merasakan jika ada yang tidak beres pada si kucing atau pada dokter hewan tersebut.

  1. Tanyakan fasilitas

Tanyakan sedetail mungkin tentang fasilitas yang mereka punya, peralatan medis apa yang mereka miliki dan yang tidak dimiliki, apakah mereka memiliki dokter spesialis atau memiliki rujukan jika diperlukan, bagaimana mereka merawat kucing yang harus dirawat inap dan seberapa sering anda bisa menghubungi untuk menanyakan perkembangannya. Tanyakan apakah mereka memiliki fasilitas call centre 24 jam dan sigap melayani ketika anda ingin menghubungi. Anda juga bisa mendatangi klinik atau rumah sakit untuk melakukan survey dan menilai sendiri apakah tempat itu cukup bersih, rapi, dengan fasilitas yang cukup lengkap atau tidak.

  1. Cari back up

Jika anda sudah merasakan nyaman dengan satu dokter tapi memiliki kekurangan yang bersifat teknis seperti lokasi yang cukup jauh dari rumah atau tidak praktek 24 jam, selalu sediakan back up yang bias anda datangi di saat darurat, atau bisa datang ke rumah.

  1. Andalkan intuisi

Sangat penting untuk mengandalkan intuisi anda ketika anda tidak merasakan nyaman dengan dokter meskipun ia mendapat rekomendasi yang bagus.  Jangan pernah ragu untuk mencari second opinion terhadap suatu diagnosa jika anda merasa ada yang tidak tepat.  Tak perlu sungkan pula untuk berganti dokter hewan kalua anda menemukan yang lebih baik.  Dan jangan lupa untuk meminta salinan riwayat kesehatan kucing anda.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.catlovers.id)


Post Terkait

Comments