Tips Memandikan Kucing Peliharaan

Meski bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilati seluruh bagian tubuhnya, kucing tetap butuh mandi. Menurut Dr Carol, kucing yang tidak pernah dimandikan, beresiko dihinggapi kutu dan timbul borok. Selain itu, kucing pun akan gampang sakit, dan bulu-bulunya tampak lusuh tak terawat.

Salah satu ciri kucing sudah harus dimandikan adalah, dia sering menggaruk dan menggigit bagian tubuhnya, terutama bagian telinga, perut dan leher. Selain itu, bulu kucing pun terasa kesat, dan timbul aroma yang kurang menyenangkan.

Namun ingat, cara memandikan kucing berbeda dengan cara memandikan binatang lainnya. Pasalnya, hewan menggemaskan ini bisa berubah jadi ganas saat bersinggungan dengan air. Bahkan mereka tidak segan akan melawan dengan mencakar dan menggigit Anda saat akan dimandikan.

Nah buat Anda pemilik kucing, berikut beberapa trik yang bisa digunakan untuk memandikan kucing, tanpa harus ada drama yang bisa membahayakan Anda dan kucing peliharaan.

1. Pilih Waktu Yang Tepat

Sebelum memandikan kucing, pastikan dia dalam kondisi rileks. Hal ini penting dilakukan agar kucing tidak banyak berontak saat akan dimandikan. Anda pun bisa memberinya makan yang banyak, dan biarkan kucing bersantai sejenak.

Sebelum dimandikan, elus-elus dia hingga kondisinya benar-benar tenang. Usahakan pegang bagian kaki dan usap-usap kepalanya hingga si kucing terlihat memejamkan mata. Anda pun bisa membelai bagian bawah lehernya dengan lembut.

Kucing biasanya dimandikan seminggu sekali. Jika kucing banyak ditumbuhi kutu, Anda bisa menggunakan shampo kucing yang khusus digunakan untuk mengendalikan kutu. Produk seperti ini bisa Anda dapatkan di Pet Shop terdekat.

2. Sebaiknya Gunakan Air Hangat

Kebanyakan kucing sensitif dengan air dingin. Maka dari itu, agar tidak terlalu banyak drama, sebaiknya gunakan air hangat yang ditampung dalam ember plastik berukuran besar. Setelah itu, masukkan kucing ke dalamnya, dimulai dari bagian kakinya.

Setelah si kucing terlihat menikmati, Anda bisa mulai membasahi bagian buntutnya terlebih dahulu, kemudian secara perlahan beranjak ke tubuh bagian belakang hingga ke leher. Tapi ingat, jangan sampai telinga kucing kecipratan air. Ini bisa sangat berbahaya!

Bubuhkan shampo kemudian pijat secara perlahan hingga semua bagian tubuhnya benar-benar bersih maksimal. Jangan lupa, bersihkan bagian kepala dan wajah si kucing secara perlahan (terutama bagian ujung mata). Tapi untuk bagian ini, sebaiknya jangan gunakan shampo.

Untuk proses pembilasan, sebaiknya gunakan selang semprot agar tubuh si kucing bersih maksimal. Jika tidak, Anda bisa menggunakan gayung yang diguyur dari bagian atas, kemudian tekan-tekan agar sisa shamponya keluar. Sebaiknya proses pembilasan tetap menggunakan air hangat!

3. Keringkan Hingga Maksimal

Setelah bersih maksimal, pihak-pijat bagian tubuh kucing agar sisa air yang terperangkap dalam bulunya, bisa terbuang. Setelah itu, siapkan handuk kering dan keringkan seluruh bagian tubuhnya dengan cara ditepuk-tepuk. Lakukan hingga kering maksimal.

Agar makin sempurna, Anda bisa menggunakan blower atau pengering rambut. Atur panasnya di posisi minimal. Selain itu, perhatikan saat akan mengeringkan bagian wajah kucing. Pastikan dilakukan dengan sangat hati-hati.

Alternatif lainnya, setelah dikeringkan dengan handuk, Anda bisa menjemur kucing dibawah sinar matahari. Gunakan keranjang kucing dan usahakan proses menjemur kucing ini dilakukan di sore atau pagi hari. Jangan di tengah hari saat sinar matahari sedang terik.

4. Bersihkan Telinga Kucing

Setelah dimandikan, bulu kucing akan terasa sangat lembut dan si kucing pun terlihat lebih tenang. Pangku dia dan berikan belaian lembut. Sambil melakukannya, Anda bisa membersihkan bagian dalam telinga kucing dengan menggunakan cotton bud atau kapas yang sudah dibasahi baby oil.

Lakukan secara perlahan, pegang kepalanya dengan lemah lembut, dan pastikan seluruh bagian dalam telinga kucing bersih maksimal. Proses pembersihan telinga kucing ini bisa dilakukan 2-4 minggu sekali, atau ketika telinga kucing kesayangan Anda sudah terlihat kotor.

Jika tidak mau repot dengan seluruh proses di atas, Anda bisa menggunakan jasa salon hewan peliharaan. Di sana, kucing kesayangan Anda tidak hanya dimandikan, tapi juga akan diberi beberapa treatment yang akan membuatnya semakin sehat, bahagia dan nyaman saat dipeluk.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: caesarjaco.co.id)


Post Terkait

Comments