Sebelum Putusan Pelihara Iguana, Simak Ini

Iguana adalah salah satu hewan peliharaan jenis kadal yang terbilang populer. Hewan ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Meski begitu, banyak orang yang berkeinginan memelihara iguana tidak tahu segala hal yang perlu dilakukan. Padahal, memelihara iguana membutuhkan komitmen yang panjang dan perawatannya juga tidak mudah untuk dilakukan.

Hewan reptil ini memiliki kebutuhan makan yang banyak dan tempat tinggal yang nyaman. Selain itu, ia juga dapat tumbuh menjadi cukup besar, hidup dalam waktu yang lama, serta kekuatannya juga dapat menjadi sangat kuat.

Iguana dapat sulit untuk dijinakkan dan mungkin saja menjadi agresif jika tidak ditangani dengan benar. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memelihara iguana, antara lain:

  1. Ukuran yang Sangat Besar

Awalnya, iguana akan terlihat lucu saat ukurannya masih kecil ketika kamu beli di toko hewan peliharaan. Dengan pemberian makan yang rutin, hewan reptil ini dapat mencapai panjang lebih dari 200 sentimeter dengan bobot 9 kilogram.

Maka dari itu, pastikan untuk mempertimbangkan hal ini karena pertumbuhannya terbilang sangat cepat. Saat ukurannya bertambah besar, bukan tidak mungkin ia membutuhkan kandang yang lebih besar lagi.

  1. Perilaku dan Temperamen Iguana

Iguana termasuk salah satu peliharaan yang mungkin tidak benar-benar menjadi hewan peliharaan. Di banyak kesempatan, hewan ini akan mencoba untuk melarikan diri dari kandangnya. Maka dari itu, iguana yang didomestikasi perlu digendong dan dipegang secara rutin agar lebih jinak.

Hal ini bertujuan agar ia percaya dan merasa nyaman pada lingkungannya. Kemungkinan ini dapat menyulitkan karena hewan ini menganggap kontak dengan manusia tidak lumrah, sehingga perlu hati-hati.

Iguana dewasa seringkali menjadi malas dan jinak, terutama saat merasa tidak terancam. Saat keluar kandang, beberapa iguana mungkin lebih suka memanjat pemiliknya.

Maka dari itu, gunakan pakaian pelindung karena cakarnya dapat menimbulkan luka. Selain itu, ekor dari iguana juga dapat menyebabkan luka di tubuh bahkan mematahkan tulang. Maka dari itu, pastikan berhati-hati jika benar-benar ingin memelihara hewan ini.

  1. Hewan Vegetarian

Iguana adalah hewan herbivora alami yang membutuhkan makanan harian berupa sayuran dan buah-buahan segar. Beberapa contoh makanan yang cocok untuk hewan reptil ini adalah kangkung, sawi, lobak, dan asparagus. Iguana juga menyukai buah-buahan, terutama pisang, tetapi lebih utama untuk memberikannya sayuran. 

Pastikan untuk tidak memberikannya daging karena hewan ini tidak dapat mencerna daging sehingga menimbulkan masalah pencernaan, ginjal, hingga kematian. Pastikan juga untuk tidak mengupasnya karena iguana membutuhkan banyak kalsium dan fosfor untuk menjaga kesehatan tulangnya.

Itulah pembahasan mengenai beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memelihara iguana. Penting untuk memiliki kesungguhan apabila memang ingin memelihara hewan reptil ini. Jangan sampai kurangnya persiapan malah menyusahkan di masa depan. Sayuran yang diberikan juga harus benar-benar segar agar iguana tetap sehat.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.halodoc.com)


Post Terkait

Comments