Ras Anjing yang Memiliki Tingkah Laku Mirip Kucing

Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing memiliki tingkah laku serta perawatan yang berbeda. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa merawat kucing jauh lebih mudah dan efisien dibanding anjing.

Kucing mempunyai sikap atau tingkah pendiam, cenderung penakut, suka menyendiri, kepribadian kuat, serta biaya perawatan yang rendah. 

Sementara itu, anjing dikenal sangat lincah, berani, cerdas, juga kuat sehingga membutuhkan tenaga ekstra dan kesabaran ketika memeliharanya. Ditambah lagi, biaya perawatan anjing terbilang lebih mahal daripada kucing.

Lantaran perbedaan karakter itu, banyak pencinta atau pemilik kucing yang enggan memelihara anjing meski mereka begitu ingin merawatnya. Padahal, tak semua anjing memiliki karakter demikian. 

Beberapa ras anjing tertentu ada yang memiliki sikap seperti kucing; pendiam, suka menyendiri, juga mudah diatur.

Sunny Jackson, pelatih anjing dan pendiri Jack Pack Training—jasa pelatihan anjing—membagikan beberapa ras anjing yang memiliki tingkah laku seperti kucing sehingga bisa menjadi pilihan untuk pencinta kucing yang ingin memelihara anjing. 

Dilansir dari laman Martha Stewart, Selasa (25/5/2021), berikut ini ras anjing yang memiliki sikap mirip dengan kucing. 

Basenji

Basenji adalah ras anjing yang dikenal mandiri, tenang, dan cerdas. Ditambah lagi, kata Jackson, Basenji memiliki karakter lain yang dikagumi pemilik kucing, yakni pendiam. 

"Mereka tidak bisa menggonggong, tapi bisa merengek,” kata Jackson.

Bichon frise

Bichon fries memiliki kepribadian menyenangkan, rasa ingin tahu, dan terkadang pemarah. Sama dengan kucing, Jackson mengatakan ras anjing Bichon frise tidak menyukai berada di dalam air. 

Namun, ras anjing ini butuh perawatan ekstra lantaran memiliki bulu putih yang bersih dan lembut sehingga harus rutin memandikan serta menyisirnya. Bahkan, Anda perlu menyiapkan biaya tambahan untuk membawanya perawatan ke salon hewan.

Bulldog

 Meski penampilannya gempal dan wajah seram, Bulldog sangat mirip dengan kucing. Bulldog lebih senang menyendiri dan meringkuk di sofa. Artinya, ras anjing ini minim pemeliharaan. 

Selain itu, Bulldog juga berkemauan keras. "Ramah, berani, dan tenang. Mereka hanya membutuhkan sedikit latihan fisik dan suka meringkuk dengan pemiliknya.  

Chihuahua

Chihuahua dikenal ras anjing yang lincah, lucu, dan menggemaskan. Selain itu, Chihuahua juga dikenal anjing dengan berat badan terkecil di dunia. Berat badan Chihuahua tidak lebih 10 pon atau sekitar 4,5 kilogram dan mereka dapat hidup hingga usia 20 tahun. 

Chihuahua cukup mudah dirawat, tetapi Jackson memperingatkan, "Mereka bisa menjadi penakut dan mudah gugup. Dengan kata lain, mereka bisa menjadi jenis kucing penakut." 

Chow chow

Jackson mengatakan Chow chow adalah ras anjing yang biasa membentuk ikatan setia dengan satu orang yang memberikan kepemimpinan kuat. Di rumah, mereka memiliki sikap seperti raja, istimewa, juga membangun ikatan yang kuat dengan keluarga dekat mereka. 

Japanese chin

Menurut Jackson, sebagai anjing kecil, Japanese chin memiliki ciri khas menawan, istimewa, dan penuh kasih. Meski mereka menikmati permainan singkat, ras anjing ini sopan serta dianggap sebagai teman yang berenergi rendah. 

Great dane

Meski memiliki tubuh yang besar, rupanya Great dane adalah ras anjing yang sangat lembut dalam segala hal, ramah, sabar, dan dapat diandalkan. Tak hanya itu, mereka juga tidak membutuhkan banyak latihan setiap hari walau tubuhnya besar.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments