Pilih: Mengadopsi atau Membeli Kucing

Memelihara dan merawat berbagai jenis kucing merupakan hal umum yang banyak dilakukan orang-orang di seluruh penjuru dunia.

Saat memelihara kucing, terdapat banyak manfaat baik yang bisa didapat, mulai dari menurunkan risiko penyakit jantung hingga berdampak positif bagi kesehatan mental.

Ketika kamu hendak memelihara seekor kucing untuk dijadikan sebagai sahabat di rumah, terdapat 2 cara untuk memilikinya, yakni mengadopsi atau membeli.Dari dua pilihan cara untuk mendapatkan kucing peliharaan tersebut, mungkin kamu bingung untuk menentukan mana yang lebih baik untuk dipilih.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (31/3/2021) pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai mana yang lebih menguntungkan untuk memiliki kucing, mengadopsi atau membelinya. Ketika mencoba mengadopsi kucing dari penampungan atau kucing liar, mungkin tampilannya membuatmu kurang tertarik untuk memilikinya.

Berbeda dengan kucing yang dijual oleh toko hewan atau seorang peternak, tampilan dan jenisnya yang lebih variatif mungkin membuatmu tergoda untuk segera memilikinya, maklum peternak atau toko hewan pasti merawatnya dengan baik agar laku dijual.

Tapi, perlu kamu tahu bahwa ada begitu banyak kucing yang dieutanasia (disuntik mati) setiap tahun adalah bukti bagi banyak orang bahwa ada masalah kelebihan populasi kucing.

Oleh karena itu, banyak peminat dan masyarakat kucing suka mendorong calon pemilik kucing untuk mempertimbangkan adopsi dari penampungan hewan guna menyelamatkan nyawa kucing.

Selain itu, banyak kasus penganiayaan hewan di "pabrik anak anjing" atau "pabrik anak kucing", fasilitas pembiakan yang dituduh mengutamakan keuntungan daripada etika.

Beberapa orang mengatakan membeli kucing daripada mengadopsinya hanya mendorong pelecehan dan berkontribusi pada masalah kelebihan populasi. Meski berniat baik, beberapa tetap waspada dalam mengadopsi kucing dari penampungan. Mereka khawatir kucing dengan latar belakang misterius dapat mengalami masalah kesehatan atau perilaku.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: kompas.com)


Post Terkait

Comments