Pertolongan Pertama Saat Anjing dalam Kondisi Darurat

Memiliki hewan peliharaan artinya kita harus berkomitmen untuk merawatnya, termasuk saat sedang sakit.

Sebagai pemilik, kamu juga harus mengetahui tentang bagaimana memberikan pertolongan pertama pada anjing saat sedang dalam kondisi darurat. Kamu juga harus memiliki nomor dokter hewan yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat.

Berikut adalah tips memberikan pertolongan pertama pada anjing menurut ahli bedah hewan, dokter Khaja Mohteshamuddin, seperti dilansir dari Times of India, Sabtu (13/3/2021). 

Bisakah memberikan pertolongan pertama?

Pertolongan pertama adalah prosedur darurat untuk menyelamatkan nyawa hewan peliharaan, jadi jika kamu melihat cedera atau trauma pada anjing, kamu dapat memberikan pertolongan.

Kamu bisa meminta pelatihan pertolongan pertama dasar dari dokter hewan, yang akan sangat berguna pada saat-saat darurat.

Namun saat melakukannya, kamu harus memberkali diri dengan peralatan penahan, karena hewan peliharaan mungkin menggigit karena rasa sakit yang dialaminya.

Hubungi dokter hewan dan jelaskan sifat cedera atau penyakitnya dan mintalah nasihat tentang pertolongan pertama. Segera hubungi dokter hewan secepat mungkin, tetapi jangan panik.

  1. Menolong anjing keracunan

Ini adalah kondisi darurat yang paling sering ditemui pada anjing. Seringkali, hewan peliharaan mungkin ditinggalkan tanpa pengawasan, di rumah atau di pekarangan, mereka mungkin tidak sengaja mengonsumsi zat berbahaya dan beracun: racun tikus, pembersih toilet, pupuk, baterai, obat-obatan berbahaya.

Sebagai tindakan pertama, baca label produk zat beracun yang dikonsumsi, yang memberikan detail penawarnya.

Kamu bisa segera membawa ke dokter setelah melakukan pertolongan pertama. Beritahu dokter tentang kondisi anjing secara detil.

Jika hewan peliharaan memuntahkan zat tersebut, itu pertanda baik. Dokter hewan akan melakukan yang diperlukan.

Bila bahan berbahaya mengenai mata atau kulit anjing, cucilah dengan air bersih dan biasa. Segera bawa hewan peliharaan ke dokter.

  1. Anjing kejang

Ini mungkin terjadi setelah anjing menelan beberapa zat beracun. Penting untuk membuat anjing tenang saat hal ini terjadi. Pegang handuk atau selimut dan tunggu sebentar.

Jika kejang berlanjut, bungkus hewan peliharaan dengan handuk atau selimut; bisa melindunginya dengan beberapa bantal. Jauhkan hewan peliharaan dari benda tajam dan berbahaya yang dapat menyebabkan cedera lebih lanjut, lalu bawa ke dokter.

  1. Anjing kecelakaan atau trauma

Segera bawa hewan peliharaan ke dokter jika hal ini terjadi. Apabila kamu melihat darah, coba hentikan aliran darah.

Luka lain yang bisa didapatkan oleh anjing adalah luka bakar, luka jenis ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan yang serius.

Jika hal ini terjadi, dinginkan area yang terbakar dengan menuangkan air dingin yang dicampur dengan kalium permanganat secara perlahan (jika tersedia). Selain itu, gunakan kompres es sebagai kompres dingin untuk mendinginkan area yang cedera.

Dalam situasi seperti itu, selalu konsultasikan dengan dokter hewan dan segera ke klinik, sesegera mungkin.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments