Perawatan untuk Kucing Pasca Melahirkan

Kucing merupakan salah satu hewan rumahan yang banyak dipelihara karena tingkahnya yang menggemaskan. Selain itu, kucing pun sangat mudah dirawat. Untuk kucing yang sudah terlatih, Anda bahkan bisa membiarkannya bebas berkeliaran di dalam rumah.

Namun meskipun begitu, kucing tetaplah hewan yang harus dirawat agar sehat dan tumbuh maksimal. Berikut merupakan tips memelihara kucing di rumah.

Jangan Asal Makanan

Ini yang kerap dilupakan banyak orang. Mereka beranggapan kucing bisa memakan segalanya, termasuk nasi dan makanan lainnya yang biasa dikonsumsi manusia. Padahal faktanya, kucing adalah karnivora alami yang harus mendapat asupan nutrisi terbaik.

Beberapa mineral penting yang sebaiknya terkandung dalam makanan kucing, adalah, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, mangan dan magnesium. Mineral-mineral tersebut berperan penting dalam pembentukan enzim, memaksimalkan sirkulasi oksigen, dan menjaga keseimbangan pH kucing.

Selain itu, kucing pun butuh vitamin untuk memaksimalkan pertumbuhan dan menjaga metabolisme tubuhnya. Beberapa vitamin tersebut diantaranya, vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan K. Jangan lupa, berikan juga asupan air yang cukup agar tidak dehidrasi. Selain vitamin untuk pertumbuhan, vitamin bulu kucing juga perlu dipertimbangkan agar kesehatan dan kebersihan bulunya selalu terjaga.

Penting untuk diketahui, kucing yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan non-karnivora, seperti nasi, sayuran dan lainnya, akan menderita masalah pencernaan. Salah satu tandanya adalah, kotoran lembek dan lebih berbau.

Sikat Bulunya Secara Teratur

Anda pasti sering melihat kucing menjilati tubuhnya sendiri kan? Selain untuk membersihkan badan, aktivitas tersebut ternyata berfungsi untuk mengangkat bulu-bulu kucing yang rontok, mengangkat bakteri, kotoran dan kutu yang mungkin ada dalam tubuhnya.

Meski si kucing bisa melakukannya sendiri, sangat disarankan Anda ikut membantu aktivitas kucing tersebut dengan menyikat bulunya secara teratur. Jangan lupa, gunakan sikat khusus untuk bulu kucing, atau Anda juga bisa menggunakan sikat yang berbentuk sarung tangan.

Anda sangat disarankan untuk menyikat bulu kucing, minimal sehari sekali. Terlebih jika kucing yang Anda miliki merupakan jenis kucing berbulu lebat dan panjang, seperti kucing persia, dan jenis lainnya. Perawatannya harus dilakukan secara ekstra ketat!

Kucing yang bulunya sering disikat, akan punya bulu yang tebal, rapi dan lembut. Selain itu, mereka pun lebih sehat dan Anda pun tidak akan segan untuk membiarkannya bermain di dalam rumah, termasuk ikut ‘numpang’ tidur di kamar.

Ajarkan Aktivitas Harian

Kucing merupakan hewan yang cerdas dan mandiri. Tapi untuk bisa mengerti apa yang Anda inginkan, mereka harus diajari secara telaten. Misalnya, membiasakan makanan hanya di satu tempat, dengan menggunakan wadah makanan khusus.

Dengan cara ini, si kucing tidak akan berani memakan makanan yang berada di luar. Jika mereka menemukan makanan di luar, si kucing pasti akan membawanya ke rumah untuk dimakan di wadah tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mengontrol makanan apa saja yang dikonsumsinya.

Selain itu, aktivitas buang air pun harus diajarkan sejak dini. Sediakan pasir khusus dalam wadah khusus (litter box) dan simpan di tempat yang ‘aman’. Misalnya, Anda bisa menyimpannya di halaman belakang yang terlindung dari hujan, atau di tempat lainnya.

Meski Anda kerap membiarkannya tidur di kamar atau bahkan di sofat, tapi sangat disarankan untuk memberikan tempat tidur khusus untuknya.

Ajak Bermain

Berikan perhatian agar si kucing merasa nyaman berada di dekat Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memberi perhatian khusus kepadanya, misal dengan mengajaknya bermain, sering memangku dan membelainya.

Di waktu senggang, tidak ada salahnya Anda membawa kucing kesayangan berjalan-jalan ke luar rumah, atau mengajaknya bermain di taman. Jangan ragu untuk memberikan ‘mainan kucing’ agar mereka lebih lincah dan aktif bergerak. Ingat, kucing gemuk seperti Garfield itu nggak baik!

Sering berinteraksi dan mendapat perhatian berlebih, akan membuat kucing lebih ramah terhadap manusia. Mereka pun tidak akan stres, dan pertumbuhannya lebih optimal.

Jaga Kebersihan Kandangnya

Selain menyikat bulu kucing secara teratur, Anda pun wajib memandikannya, minimal sekali dalam seminggu. Tentu memandikan kucing harus dilakukan secara hati-hati, dan menyeluruh, termasuk membersihkan telinga kucing menggunakan cotton bud atau kapas.

Jika kucing Anda ditempatkan dalam kandang khusus, pastikan kandang tersebut tetap kering dan terjaga kebersihannya. Jangan biarkan ada sisa makanan, apalagi sisa pup atau air kencing, dan hal lainnya yang bisa membuat kondisi kandang terlihat jorok.

Sebulan sekali sebaiknya bawa kucing Anda ke salon khusus hewan peliharaan untuk mendapat treatment khusus, termasuk membersihkan kuku, taring, memberikan shampo kucing dan lainnya. Jika si kucing memperlihatkan gelagat aneh, seperti murung atau jadi lebih agresif, segera hubungi dokter hewan.

Ingat, kucing (apapun jenisnya dan berapapun harganya) bukan sekedar hewan peliharaan. Mereka adalah sahabat, sekaligus bagian dari keluarga kita. Jadi perlakukan mereka dengan baik!

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: caesarjaco.co.id)


Post Terkait

Comments