Penyebab Si Meong Bisa Mati Mendadak

Memiliki kucing kesayangan tumbuh dengan sehat dan aktif pasti dambaan setiap catlovers. Kucing yang sehat bisa dilihat dari tingkah lakunya seperti aktif, energik, rajin makan, dan tidak ada tanda bahwa kucing tersebut sedang sakit. Tapi apa jadinya jika kucing yang tadinya sangat sehat tiba-tiba saja mati mendadak? Hal ini tentu saja harus catlovers waspadai.

Ada beberapa kasus kucing mati secara mendadak. Padahal, kondisi kucing sebelumnya tampak sehat sekali dan tidak ada tanda tanda sakit sedikit pun, lalu apa penyebabnya? Berikut beberapa faktor penyebab kucing yang terlihat sehat mati secara mendadak.

  1. Sakit jantung

Catlovers perlu tahu bahwa bukan manusia saja yang dapat mengalami serangan jantung, ternyata kucing juga bisa mengalami hal serupa. Kucing yang mengalami gejala sakit jantung tidak menunjukkan jika ia sedang sakit. Berikut ini beberapa gejala sakit jantung pada kucing.

  • Saat kucing yang aktif tiba-tiba terlihat lesu dan malas beraktivitas, catlovers perlu cari tahu penyebabnya, karena gejala penyakit jantung adalah demikian. Jika jantung tidak maksimal memompa darah, mobilitas tubuh akan berkurang dan membuat penderita lemas untuk bergerak.
  • Laju napas kucing terlalu cepat bahkan saat dia sedang tidak beraktivitas dan beristirahat, parahnya lagi kucing bernapas dengan mulutnya. Padahal, jika kucing tidak terlalu capek, mereka tidak akan melakukan hal tersebut.
  • Nafsu makan kucing tidak seperti biasanya.
  1. Flu kucing

Catlovers jangan pernah ya sekali-sekali menganggap sepele flu yang menyerang kucing kesayanganmu. Flu pada kucing terjadi karena virus menghambat rongga pernapasan. Hal inilah yang dapat membuat kucing tiba-tiba mendadak mati.

Untuk itu, ketika catlovers melihat tanda-tanda bahwa kucing terkena flu harus segera membawanya ke dokter hewan.

  1. Salah makan

Memberikan makanan yang salah pada kucing menjadi salah satu faktor yang membuat kucing catlovers mati mendadak. Beberapa kucing tiba-tiba mati disebabkan oleh keracunan atau salah makan.

Racun tikus dan zat cair berbahaya seperti detergen dan shampoo jangan sampai terminum oleh kucing. Makanan yang tidak diperbolehkan untuk kucing seperti cokelat, alpukat, kopi juga jangan sampai mereka konsumsi. Ciri kucing keracunan terlihat dari warna kulit mereka yang berubah, air liur mereka yang mengering, muntah, lemas, dan diare. Jika mereka terlalu sering memakan makanan yang tidak boleh mereka konsumsi akan berakibat fatal untuk kesehatan mereka.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.catlovers.id)


Post Terkait

Comments