Penyebab Perut Bengkak Pada Anjing

Banyak penyakit yang ditularkan antara manusia dan anjing dan oleh karena itu beberapa tidak kalah pentingnya dari yang lain, dan itu karena salah satu penyakit yang paling terkait adalah perut.

Di beberapa titik dan untuk beberapa keadaan, anjing kita bisa saja mengalami perut yang bengkak dan keras dan ini bisa disebabkan oleh hal-hal yang tidak terbatas, itulah mengapa kita akan berbicara sedikit tentang apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti ini dan bagaimana memeranginya.

  • Gas: Seperti manusia, anjing juga dapat menderita gas dan ini menyebabkan usus menjadi meradang dan keras, jadi ada beberapa alasan untuk hal ini terjadi:
  • Perubahan tiba-tiba dalam pola makan, jenis makanan, makanan yang disiapkan, dll.
  • Kualitas makanan yang buruk.
  • Pencernaan yang buruk
  • Asupan dipercepat atau tanpa dikunyah.
  • Torsi lambung
  • Asites
  • Peritonitis
  • Halangan

Meskipun situasi yang perlu dipertimbangkan ketika anjing kita memiliki perut yang bengkak dan keras berbeda dari apakah hewan itu anak anjing atau orang dewasa, situasi tersebut memungkinkan kita untuk mengetahui sifat masalah dan membuat evaluasi kecil yang dapat kita simpulkan tentang sesuatu.

Jika kita memeriksa kasus anak anjing dengan perut yang bengkak dan keras, kemungkinan besar itu disebabkan oleh masalah parasit.Ini diselesaikan dengan perawatan kecil (sebelumnya diresepkan oleh profesional kesehatan) dan setelah itu vaksin masing-masing, sesuatu yang dilakukan dengan usia lebih dari delapan minggu.

Anak anjing dengan perut yang keras dan bengkak lebih umum dan dapat diobati daripada orang dewasa, karena sebagian besar masalah ini dapat disebabkan oleh ASI, yang sudah memiliki banyak parasit, ini memperjelas pentingnya pemberian obat cacing ketika baru saja menyelesaikan masa lima belas hari mereka. kehidupan.

Detail dari vaksin adalah bahwa vaksin tidak melawan semua jenis parasit yang berbeda dan itulah sebabnya akan selalu ada kemungkinan bahwa ini ada, dan dapat dihilangkan dengan pengobatan beberapa dosis per minggu.

Obstruksi usus

Masalah yang memanifestasikan dirinya dengan pembengkakan di area perut, hanya itu akan menjadi lembut. Ini disebut obstruksi usus, proses memblokir jalannya isi usus melalui saluran pencernaan dan ini, dalam banyak kasus, disebabkan oleh adanya beberapa benda asing di dalamnya.

Kami telah mengatakan sebelumnya bahwa ada dua tingkat obstruksi: parsial dan total. Namun, bila obstruksi ini terjadi pada segmen pertama usus kecil, gejala yang sering muncul adalah muntah dalam bentuk proyektil.

Sebaliknya, jika penyumbatan terjadi di ruas akhir usus halus, selain perut kembung, anjing akan memuntahkan cairan dengan bau feses dan warna coklat.

Obstruksi lengkap sangat serius, karena anjing tidak akan bisa mengeluarkan gas atau buang air besar, bahkan skenario pencekikan usus sangat mungkin terjadi.

Ini juga memiliki banyak penyebab, yang paling umum:

  • Hernias
  • Tumor
  • Stenosis.
  • Benda asing di saluran usus.
  • Invaginasi satu ruas usus ke ruas lainnya

Anjing saya kembung

Gas umumnya disebabkan oleh menelan udara, dan ini terjadi pada anjing ketika mereka makan dengan kecepatan penuh dan berkali-kali tanpa mengunyah makanan, sehingga mengisi perutnya dengan udara.

Alasan lain mengapa hewan peliharaan Anda mungkin menderita gas adalah karena intoleransi makanannya, yang dikoreksi dengan diet yang tepat yang direkomendasikan oleh spesialis.

Masalahnya mungkin juga terkait langsung dengan penyakit yang telah kami jelaskan di atas. Bagaimanapun, Bila gejalanya menetap, sebaiknya pergi ke konsultasi dokter hewan untuk evaluasi dan pengobatan.

Dilatasi lambung atau volvulus lambung

Ini adalah situasi lain yang membutuhkan perhatian segera dari dokter hewan, karena konsekuensinya seringkali fatal. Ini tidak menyiratkan torsi yang sama dengan pemuaian, karena ketika terjadi pemuaian, usus membengkak karena efek gas atau cairan.

Torsi atau volvulus sebagai gantinya, Ini berasal ketika perut dalam keadaan buncit, berputar secara longitudinal dan bersamaan dengan itu limpa juga berputar..

Jika perut berputar 180º kita menghadapi torsi, tetapi jika berputar lebih dari 180º itulah yang disebut volvulus dan saat inilah situasinya dapat menjadi lebih buruk bagi anjing, karena ketika pilorus bergerak, ia memberikan tekanan pada duodenum dan tidak memungkinkan udara dan cairan keluar dari perut.

Daerah gastroesophageal juga terhalang, sehingga anjing tidak bisa muntah atau bersendawa, semua kandungan yang terperangkap di dalam perut ini memulai proses fermentasi, gas dihasilkan dan akibatnya perut kembung.

Efek yang berasal dari ekspansi torsi adalah Bakteri septikemia, dehidrasi, perforasi lambung, aritmia, peritonitis dan kematian anjing. Situasi ini dapat terjadi pada semua jenis anjing, berapapun usianya, meskipun anjing jenis besar sedikit lebih mungkin menderita karenanya.

Apa saja gejala torsi / dilatasi?

Dalam kasus ini hewan peliharaan Anda akan sangat gelisah, dengan air liur yang menonjol, gelisah, dengan mual dan upaya untuk muntah tanpa hasil, perut akan terasa bengkak dan jika disentuh Anda mungkin merasa sangat sakit.; karena inilah yang baru saja kami tunjukkan gejala yang paling sering.

Namun, torsi / pelebaran dapat memanifestasikan dirinya dengan cara lain, seperti perut yang sangat tegang saat disentuh, lesu, dan gejala ketidaknyamanan tanpa terlihat sangat gelisah.

Bila prosesnya sudah sangat lanjut maka lidah dan gusi akan menjadi sangat pucat, denyut nadi akan sangat lemah, nafas yang cepat, begitu juga dengan detak jantung, lemas dan akhirnya hewan tersebut ambruk karena syok.

Apa pengobatan torsi / dilasi?

Untuk menangani kasus pelebaran sederhana, dokter hewan cukup memasukkan selang ke dalam perut anjing, sehingga mengesampingkan ada atau tidaknya torsi. Begitu tabung mencapai perut, reaksi langsungnya adalah cairan dan udara keluar dengan cepat, yang segera membawa kelegaan ke gigi taring.

Segera lavage lambung diterapkan dan puasa selama 36 jam dianjurkan, untuk membantu Anda pulih. Cara terbaik untuk mengesampingkan volvulus adalah dengan mengambil sinar-X, karena probe tidak selalu dapat mendeteksinya.

Jika anjing mengalami syok, ia memerlukan perawatan darurat, dan dalam banyak kasus pembedahan, untuk mengembalikan perut dan limpa ke tempatnya atau untuk mengangkat bagian yang mengalami nekrosis, jika memungkinkan.

Bagaimana cara mencegah puntiran / dilatasi?

  • Hindari membiarkan anjing menelan banyak air sekaligus.
  • Bagilah makanan harian Anda menjadi tiga porsi kecil yang sama.
  • Jangan biarkan dia minum air satu jam sebelum dan segera setelah makan.
  • Hindari gelisah atau terlalu banyak berolahraga saat perut Anda kenyang.
  • Bawa dia ke dokter hewan segera setelah Anda melihat gejalanya.
  • Bertindak cepat jika masalah terulang kembali.

Asites anjing

Istilah asites adalah penyakit yang berhubungan dengan perut bengkak pada anjing. Begitulah cara diketahui akumulasi cairan di perut. Cairan ini berasal dari dalam sel, juga dari vena dan arteri, tetapi, untuk beberapa alasan, cairan itu telah "keluar" dan cairan mulai mencapai area yang seharusnya tidak, menyebabkan seluruh tubuh menjadi tidak seimbang.

Penyebab asites dapat bervariasi, tetapi yang paling umum berkaitan dengan peradangan pencernaan, pendarahan, kanker, gagal jantung, atau bahkan jika kantong kandung kemih pecah.

Gejala pertama yang akan Anda lihat pada anjing Anda adalah penambahan berat badan yang tidak dapat dibenarkan, selain itu akan lebih bengkak dan mengganggu saat disentuh. Selain itu, Anda akan kesulitan bernapas, Anda tidak akan merasa ingin makan atau minum, dan Anda bisa muntah.

Sebenarnya penyakit ini membutuhkan waktu untuk muncul (pada saat itu gejalanya akan memburuk, seringkali pemiliknya tidak menyadari bahwa ada masalah yang serius), atau mungkin muncul dengan evolusi yang sangat cepat dalam prosesnya.

Bagaimanapun, penting untuk pergi ke dokter hewan untuk memeriksanya. Ini biasanya didasarkan pada sinar-X, tes laboratorium, ultrasound atau, dalam kasus yang lebih jarang, tusukan perut untuk mengetahui jenis cairan (apakah itu darah atau jenis lain).

Pada prinsipnya, perawatan akan didasarkan pada pengobatan (mungkin untuk menghilangkan cairan), tetapi tergantung pada penyebab yang menyebabkannya, kemungkinan akan membutuhkan intervensi bedah untuk menghilangkan masalah.

Untunglah itu adalah penyakit yang dapat disembuhkan jika terperangkap dalam waktu, dan biasanya tidak terlalu serius (meskipun itu tidak berarti Anda harus bertindak cepat).

Peritonitis anjing

Canine peritonitis adalah situasi yang dapat dialami anjing Anda ditandai dengan memiliki perut yang tajam, nyeri saat disentuh, dengan kembung, lemas, depresi, diare dan muntah, dan lainnya.

Peradangan akut ini terjadi secara tiba-tiba, dan kebanyakan terjadi di jaringan rongga perut. Yang terjadi adalah adanya retensi cairan yang menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, serta dehidrasi. Dalam hitungan jam, anjing bisa menjadi semakin parah, mengalami syok atau bahkan koma.

Di antara gejala yang akan Anda temukan dengan peritonitis, yang pertama adalah gejala peritonitis kelelahan, diikuti dengan kesulitan bernapas, gemetar, dan kemudian menangis dan merintih karena rasa sakit yang hebat yang akan diderita hewan peliharaan Anda. Itulah mengapa Anda disarankan segera pergi ke dokter hewan untuk menghindari penderitaan.

Penyebab canine peritonitis berhubungan dengan virus yang menyerang lambung atau usus (atau keduanya), parasit usus, infeksi rahim, lubang di perut atau usus atau bahkan abses di organ lain seperti pankreas, limpa ... Penyebab lain yang akan menyebabkan penyakit ini adalah tumor, hernia, trauma di daerah perut, batu empedu atau ginjal, keracunan. ..

Setelah Anda pergi ke dokter hewan, dia dapat mendiagnosis masalahnya, tidak hanya menggunakan palpasi tetapi juga tes darah, ultrasound, dll. Dalam banyak kasus, karena situasi hewan, disarankan untuk membius mereka agar tidak menderita dan tenaga profesional dapat bekerja lebih cepat. Setelah Anda memiliki penyebab yang menyebabkan ketidaknyamanan pada anjing, ini itu dirawat dengan obat-obatan dan terapi lain yang membantu membalikkan situasi, misalnya melawan dehidrasi, menghilangkan rasa sakit, atau, jika perlu, melakukan intervensi bedah pada hewan.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.mundoperros.es)


Post Terkait

Comments