Penyebab Mata Kucing Berair dan Belekan

Apabila belek pada kucingmu sedikit dan jarang-jarang terjadi, itu bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Namun, jika beleknya banyak dan terus-terusan terjadi maka ada suatu masalah.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa penyebab kucing banyak mengeluarkan belek alias belekan secara terus-menerus.

Melansir Honestpaws, Kamis (5/11/2020), berikut 6 penyebab yang membuat kucing mengalami belekan.

  1. Infeksi saluran pernapasan atas

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu penyebab potensial dari keluarnya cairan mata dan kotoran mata yang berlebihan adalah infeksi saluran pernapasan atas pada kucing.

Feline calicivirus, rhinotracheitis (virus herpes), pneumonitis, bakteri, protozoa merupakan penyebab dari infeksi saluran pernapasan pada kucing.

Kamu mungkin tidak mengira kucingmu mengalami infeksi saluran pernapasan atas, karena tanda-tandanya dapat dimulai dengan sangat ringan dan dalam waktu yang lama.

Kotoran mata yang terkait dengan infeksi saluran pernapasan bagian atas seringkali lengket dan menyerupai nanah. Infeksi saluran pernapasan atas juga akan menunjukkan tanda-tanda seperti keluarnya cairan dari hidung dan bersin.

  1. Konjungtivitis (mata merah)

Konjungtivitis atau mata merah dapat terjadi karena adanya peradangan pada lapisan merah muda di sekitar mata.

Konjungtivitis akan menyebabkan mata kucingmu (salah satu atau keduanya) tampak bengkak dan merah.

Dalam kasus ini, kucingmu biasanya sensitif terhadap cahaya, dan bisa menghasilkan belek yang jernih dan berair, atau berlendir kental di sekitar mata yang sakit.

  1. Gangguan kornea

Belek yang berlebih pada kucing juga bisa disebabkan oleh kelainan kornea. Kornea adalah permukaan bulat yang menutupi dan membantu melindungi bagian depan mata.

Sayangnya, kornea bisa terluka, meradang, bahkan memborok.

Akibatnya, tubuh secara otomatis memproduksi lebih banyak air mata, yang dapat menyebabkan kedipan berlebihan, peradangan dan iritasi, serta keluarnya cairan mata.

  1. Infeksi mata kucing

Masalah mata yang terkait dengan infeksi seperti bakteri atau virus, cukup umum terjadi pada kucing. Infeksi mata juga bisa sangat menular dan dengan cepat berpindah dari satu kucing ke kucing lain.

Oleh karena itu, jika kamu yakin kucingmu mungkin mengalami infeksi mata, perawatan yang tepat dan cepat sangatlah penting.

  1. Saluran air mata tersumbat

Seringkali, infeksi saluran pernapasan bagian atas dapat menyebabkan penyumbatan saluran air mata.

Saluran air mata yang tersumbat sering kali menyebabkan pengeluaran cairan yang berlebihan. Hal itu terjadi karena tubuh secara alami berusaha untuk membersihkan penyumbatan.

  1. Benda asing di mata

Kotoran mata kucing juga bisa disebabkan oleh benda asing di mata. Hal ini sering kali menyebabkan produksi air mata berlebih secara alami dalam upaya menyingkirkan apa pun yang menyebabkan iritasi.

Dalam banyak kasus, produksi air mata yang berlebihan berhasil menyingkirkan benda asing. Namun, jika benda asing masuk ke mata, dokter hewan harus turun tangan.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.chaklyraflesia.blogspot.com)

 


Post Terkait

Comments