Pahami Jika Kucing Ingin Selalu Tidur Dekat Anda

Sebagai pemilik hewan peliharaan, menyenangkan rasanya jika kucing tidur di dekat kita. Selain tampak menggemaskan, kucing yang tidur di dekat kita juga memberikan rasa hangat.

Namun, bagaimana jika kucing selalu tidur di dekat kita? Apakah ada alasan tertentu? Dilansir dari Reader's Digest, Kamis (25/3/2021), berikut beberapa alasan kucing selalu tidur dekat kita.

Kenapa kucing selalu tidur dekat kita?

Kucing bisa menjadi hewan yang sangat moody. Jadi, saat kucing Anda memilih untuk meringkuk di dekat kita di tempat tidur pada malam hari, Anda mungkin tidak melawannya. Namun, kenapa kucing yang kerap cuek pada kita di siang hari namun tiba-tiba tidur dekat kita di malam hari? Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kucing suka tidur dengan Anda.

Berikut beberapa penyebab kucing selalu tidur dekat kita. 

  1. Kucing mencari keamanan

Kucing selalu siap untuk menyerang atau membela diri, jadi meskipun kucing Anda terlihat sedang kedinginan, mereka sebenarnya masih sangat waspada terhadap suara atau bau apa pun, yang berarti mereka harus segera bertindak dan menyerang.

Namun, tidur adalah kondisi di mana mereka sangat rentan.

“Karena kucing selalu siap beraksi, masuk akal jika mereka mencari perlindungan ekstra dengan meringkuk di samping pemiliknya,” kata Mikel Delgado, pakar perilaku kucing di Rover.

“Anda dapat memberi kucing Anda tingkat keamanan ekstra selama tidur, saat mereka paling rentan," imbuh Delgado.

Jika kucing tidur di dekat Anda, itu berarti dia mempercayai Anda dan merasa aman dengan Anda di sisinya.

  1. Kucing mencari kehangatan

“Suhu tubuh normal kucing adalah hingga 38,8 derajat celsius, itulah sebabnya Anda biasanya dapat menemukan kucing tertidur di jendela yang cerah atau berdesakan di dalam kotak, yakni untuk menyerap kehangatan sebanyak yang mereka bisa, termasuk menggunakan Anda untuk suhu tubuh Anda," terang Delgado.

  1. Menandai wilayah

Kucing suka mengklaim wilayah mereka dengan menandainya dengan aromanya. Saat mereka tidur di dekat Anda, mereka mungkin menandai Anda sebagai milik mereka.

  1. Kucing ingin terikat

Jika Anda bertanya-tanya "Mengapa kucing saya tidur dengan saya?" mungkin karena mereka mencoba memberi tahu Anda bahwa mereka mencintai Anda.

“Bukan hal yang aneh bagi kucing untuk melakukan 'bantal' pada waktu tidur, yaitu ketika mereka menggunakan kucing lain sebagai bantal, jadi jika mereka satu-satunya kucing di rumah, mereka senang menggunakan Anda sebagai alternatif,” tutur Delgado.

"Dan bahkan jika mereka bukan satu-satunya kucing di rumah, Anda mungkin menjadi 'teman bantal' yang mereka sukai," ucap dia.

Mungkinkah ada sesuatu yang salah?

Jika kucing tidur di dekat Anda hampir setiap malam, biasanya tidak ada alasan untuk khawatir. Jika Anda memperhatikan bahwa mereka tidur lebih lama dari biasanya dan energinya rendah, Anda harus membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa.

“Jika kucing Anda belum pernah meniduri Anda sebelumnya dan tiba-tiba mulai tidur, perhatikan baik-baik tanda-tanda penyakit lainnya. Perubahan perilaku terkadang bisa menjadi petunjuk pertama bahwa ada sesuatu yang salah," tutur Delgado.

Adakah alasan beberapa kucing tidur di bagian tubuh tertentu?

Sebenarnya ada. Jika kucing suka tidur di dekat kepala Anda, itu mungkin karena tubuh Anda melepaskan banyak panas dari sana saat Anda tidur, membuatnya sangat nyaman untuk kucing.

Anda juga tidak banyak menggerakkan kepala saat tidur, jadi kucing tahu bahwa mereka kecil kemungkinannya akan dipukul oleh lengan atau kakinya di atas sana.

"Alasan lain kucing mungkin suka tidur di dekat kepala Anda adalah karena mereka menyukai bau sampo dan minyak rambut alami Anda," papar Delgado.

Jika kucing suka tidur di atau dekat dada Anda, itu mungkin karena suara detak jantung dan pernapasan Anda yang stabil menarik dan menghiburnya.

Adapun jika kucing Anda tidur di pangkuan, itu mungkin karena mereka tahu bahwa mereka mendapat cakaran dan cinta ekstra saat berada di pangkuan Anda. Ini juga tempat yang hangat untuk berpelukan.

Semoga bermanfaat. (aks/seumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments