Mirip Kuda, Ini Dia Ras Anjing Berwajah Panjang

Anjing merupakan hewan yang memiliki banyak keunikan, baik bentuk fisik maupun perilaku.

Misalnya, untuk bentuk tubuh, ada beberapa ras anjing yang memiliki bentuk tubuh unik daripada lainnya. Salah satunya, moncong atau wajah yang panjang layaknya wajah kuda

Meski begitu, ras anjing berwajah panjang ini tak kalah lucu dan menggemaskan seperti anjing lainnya. Bahkan, beberapa memberikan kehabagian, setia, serta penuh kasih dengan keluarga manusia mereka. 

Anjing berwajah panjang bukan tanpa alasan. Anjing ini awalnya dibiakkan untuk berburu dengan indra penciuman dan pengelihatan yang tajam. 

Anjing berwajah dan moncong panjang telah lama dihargai karena keterampilan superior mereka dalam membantu pemburu melacak dan menangkap hewan buruan.

Namun, saat ini, anjing-anjing yang dikenal sebagai dolichocephalics—istilah untuk hewan yang tengkoraknya jauh lebih panjang daripada lebarnya—menjadi anjing peliharaan yang meringkuk di sofa meski sebagian memerlukan olahraga teratur. 

Nah, dilansir dari Reader's Digest, Kamis (17/10/2022), berikut sejumlah ras anjing berwajah panjang

Rough collie 

Rough collie hari ini menjadi anjing peliharaan yang lebih senang tidur di lantai ubin yang dingin daripada menggembalakan ternak. 

Meski begitu, Rough collie yang bertubuh sedang, berambut panjang, dan anjing berwajah panjang ini masih menjadi anjing keluarga yang hebat.

Ras anjing ini dikenal cerdas, setia, dan waspada terhadap anak-anak kecil. Rough collie juga memiliki bulu mewah yang perlu disikat secara teratur. 

Namun, anjing ini tidak tahan panas atau berlari dalam waktu lama serta tidak suka ditinggal sendirian untuk waktu lama. 

Rough collie akan menggonggong ketika merasa bosan atau kesepian, jadi jangan pernah meninggalkan mereka sendiri. 

Borzoi (Russian wolfhound)

Dalam kontes anjing dengan moncong atau wajah terpanjang, Borzoi, pernah memenanginya. Dibesarkan di Tsar Rusia untuk berburu rubah, serigala, dan mangsa yang bergerak cepat lainnya, Borzoi adalah anjing pengintai berkaki armada yang berlapis sutra.

Tingginya bisa sekitar 76 sentimeter dan hidung terpanjang yang pernah tercatat di Borzoi berukuran lebih dari 30 sentimer.

Namun, anjing berwajah panjang ini adalah anjing sofa yang santai dan tenang dengan latihan singkat. Bulu mereka banyak rontok dan membutuhkan banyak penyikatan.

Para ahli mengatakan anjing Borzoi memiliki naluri mengejar yang kuat sehingga tidak boleh dibiarkan berkeliaran di daerah yang tidak berpagar. 

Dachshund

Dachshund merupakan salah satu anjing dengan penampilan yang mudah dikenali seperti telinga panjang, tubuh panjang, serta kaki pendek. 

Namun, keunikan fisik lainnya yang dimiliki anjing Dachshund adalah wajah atau moncong yang panjang.

Awalnya, Dachshund dibiakkan untuk menjadi pemburu yang tak kenal takut untuk mengejar rubah, musang, atau hewan penggali lainnya ke dalam lubang.

Doxies, sebutan anjing Dachshun, saat ini menjadi anjing yang lucu dan ramah, tapi masih memiliki naluri membunuh yang kuat. Ini bisa terlihat pada mainan mereka yang kerap rusak atau berumur pendek. 

Greyhound

Greyhound pernah dijadikan sebagai anjing balapan, tapi kini menjadi anjing peliharaan pendamping. Dikenal karena sifatnya yang penurut, anjing berwajah panjang ini sangat cocok tinggal di apartemen atau rumah kecil.

Selama mendapat jalan-jalan secara teratur, Greyhound baik-baik saja di hunian kecil. Selain itu, ras anjing ini membutuhkan perawatan minimal, tetapi karena bulunya pendek dan kurangnya lemak pada tubuhnya, Greyhound membutuhkan mantel saat cuaca dingin.

Karena mempunyai naluri mengejar yang sudah mendarah daging, pastikan rumah berpagar dan harus diperkenalkan dengan hati-hati ke anjing dan kucing yang lebih kecil. 

Doberman pinscher

Dapat dipercaya, setia, dan protektif, Doberman pinscher menjadi pilihan anjing penjaga terbaik. Selain itu, Doberman juga dikenal sebagai ras anjing cerdas dan aktif sehingga memerlukan latihan yang konsisten.

Namun, anjing Doberman tidak selalu ramah dengan anjing lain dan akan membela anggota keluarga mereka dari ancaman nyata atau yang dirasakan.

Selain memiliki tubuh atletis dan bulu hitam mengkilap, anjing Doberman juga dikenali dengan anjing bermoncong panjang. 

Afghan hound

Terakhir, ras anjing berwajah panjang adalah Afghan hound. Mereka juga menjadi supermodel di dunia anjing dan merupakan salah satu ras anjing tertua di dunia—mereka telah ada selama ribuan tahun.

Awalnya, anjing Afghan hound dibiakkan untuk mengejar dan menyudutkan mangsa besar. Anjing ini masih memiliki naluri mangsa yang kuat sehingga tidak cocok untuk rumah dengan hewan lebih kecil.

Namun, Afghan hound dikenal penuh kasih sayang, menyendiri, serta jarang menggonggong. Anjing ini akan mencari pelukan atau waktu bermain hanya ketika berminat untuk itu.

Bulu Afghan hound yang panjang dan halus membutuhkan penyisiran rutin, baik sendiri maupun perawatan profesional. Nah, itu dia ras anjing berwajah panjang. Bagaimana tertarik memelihara salah satu di antaranya? 

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments