Mewaspadai Bakteri yang Hidup di Tubuh Kucing Seumur Hidup

Setiap makhluk hidup memiliki bakteri baik yang ada di tubuhnya. Namun, jika kesehatan nggak dijaga, bakteri tersebut dapat berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan. Adalah bakteri Helicobacter. Ya, ini adalah bakteri yang biasanya terdapat di saluran usus dan ditemukan di beberapa spesies bukan hanya manusia, tapi juga anjing, cheetah, bahkan kucing. 

Dalam kondisi normal, bakteri ini nggak berbahaya bagi saluran pencernaan. Namun jika lambung sudah terkena infeksi, bakteri Helicobacter dapat menyebabkan masalah, terutama bagi kucing. 

Laman Petmd menjelaskan bahwa bakteri Helicobacter elis dan Helicobacter heilmannii dapat menyebabkan infeksi karena bersarang di bagian lapisan mukosa lambung dan rongga kelenjar.  Buruknya lagi, infeksi bakteri ini sulit untuk dihilangkan sepenuhnya. Ya, bakteri tersebut dapat berlangsung berbulan-bulan, bertahun-tahun, bahkan seumur hidup di beberapa ras kucing. 

Adapun gejala infeksi bakteri Helicobacter umumnya nggak terlihat signifikan, namun ada tanda yang dapat dijadikan antisipasi, seperti, muntah, dehidrasi, nafsu makan yang buruk, sakit perut, lemah, hingga terjadi penurunan berat badan. 

Berkaitan dengan bakteri ini, penyebab infeksi Helicobacter pada kucing belum diketahui pasti. Hanya saja, dokter memprediksi penyebabnya. Di antaranya karena tertular dari kotoran yang ada di tempat penampungan kucing, muntahan, atau air liur hewan yang terinfeksi. 

Lantaran gejalanya yang belum terlihat jelas, dokter hewan pun perlu melakukan endoskopi untuk melihat kondisi dinding lambung, serta mengambil sampel jaringannya. 

Namun, jangan keburu khawatir, ada cara untuk mencegah bakteri tersebut menjadi berbahaya untuk kehidupan kucing kesayanganmu. Pertama, pastikan tempat kucingmu tinggal di area yang bersih. 

Kedua, pastikan Andamembersihkan tempat kotoran kucingmu secara berkala. Ketiga, atur pola makannya dengan baik dan berikan makanan yang mudah dicerna. 

Semoga bermanfaat. (aks/sumber:www. meongers.com )


Post Terkait

Comments