Mengukur Kecerdassan Anjing

Anjing dinilai sebagai hewan yang memiliki kecerdasan yang tidak bisa dianggap remeh. Namun ternyata tidak semua anjing bisa dilatih untuk keperluan tertentu lho, ternyata hal ini juga harus disesuaikan oleh tingkat kepintaran hewan tersebut. Berikut ini adalah macam-macam jenis anjing ras paling pintar dan cerdas. Kira-kira dari beberapa jenis anjing yang akan dibahas, ada tidak ya jenis hewan peliharaan Anda? Simak yuk….

  1. Border Collie

Jenis anjing ini dianggap memiliki energi yang sangat besar. Anjing ini sangatlah pintar dan patuh, tetapi mereka sangat menyukai kebebasan dan memiliki tingkah yang aktif. Karena dikenal keaktifan dan kepintarannya maka biasanya anjing border collie sering dijadikan penggembala dan diikutsertakan dalam perlombaan.

  1. Poodle

Ternyata selain memiliki bulu yang unik dan menggemaskan jenis poodle juga pintar, ketika dilatih anjing ini dianggap cepat dalam memahami apa yang diajarkan untuknya, dan mempelajari beragam trik dan permainan. Sehingga tak jarang anjing ini sering bermain pada permainan sirkus.

  1. German Shepherd

Bukan hal asing jika melihat jenis anjing ini menemani polisi saat bertugas. Fisiknya yang memiliki otot, serta menyukai aktivitas berat dan menantang dirasa sangat pas menemani tugas-tugas berat polisi. Dan hebatnya lagi German Shepherd diangap anjing yang cerdas sekaligus profeksionis loh!

  1. Golden Retriever

Berbeda dengan Border Collie yang sangat aktif, anjing jenis ini lebih dinilai santai. Sehingga pelatihan yang intens tidak cocok diterapkan pada jenis anjing ini. Namun walaupun begitu mereka sangatlah cerdas dan mampu beradaptasi hal baru dengan cepat bahkan mereka dapat dapat mengingat hal-hal yang diajarkan seumur hidupnya.

  1. Shetland Sheepdog

Jenis anjing ini memiliki tingkat kepekaan yang baik, cerdas dan ia juga dikenal sebagai anjing yang sangat patuh, cepat belajar dan sangat setia dengan keluarga yang merawatnya. Walaupun cerdas, namun ketika diberikan tahap pelatihan untuk menjelaskan instruksi yang spesifik jenis anjing ini ternyata membutuhkan beberapa kali proses percobaan untuk mengulang. Namun berbeda jika instruksi yang diberikan sederhana, ia dapat menangkapnya dengan cukup cepat.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: caesarjaco.co.id)


Post Terkait

Comments