Memelihara Kucing dan Anjing Bersamaan

 Para pecinta hewan mungkin sangat ingin memelihara anjing dan kucing sekaligus. Namun, adanya cerita yang mengatakan bahwa anjing dan kucing tak bisa hidup bersama membuat beberapa orang ragu untuk memelihara mereka sekaligus.

Padahal dengan dengan perencanaan dan pelatihan yang tepat, dua hewan peliharaan menggemaskan ini sebenarnya bisa tetap hidup berdampingan, bahkan menjadi teman baik.

Di dunia, sudah banyak anjing dan kucing yang berbagi tempat tinggal yang sama belajar untuk bertoleransi satu sama lain. Jika kamu ingin memelihara mereka sekaligus, kamu harus membuat rumah yang harmonis, di mana tidak ada spesies yang merasa terancam atau diganggu oleh satu sama lain.

Rumah yang harmonis memang tidak mudah diwujudkan, tetapi dapat dicapai dengan sebagian besar kucing dan anjing.

Faktor kompatibilitas

Untuk hasil terbaik, adopsi atau dapatkan anak anjing atau anak kucing pada waktu yang hampir bersamaan. Anjing dan kucing yang mulai berbagi rumah sebelum ulang tahun pertama mereka biasanya akan menyesuaikan diri dengan baik.

Idealnya, perkenalkan anak anjing dan kucing pada usia 16 minggu. Inilah puncak masa sosialisasi bagi para hewan kecil ini. Keduanya akan menjelajah dan belajar tentang dunia, dan mereka sering kali senang mendapat teman kecil baru.

Untuk kamu yang ingin menyatukan hewan saat sama-sama sudah dewasa, kamu masih bisa melakukannya.

Jika kamu mengadopsi kucing atau anjing, carilah kucing yang memiliki riwayat hidup dengan spesies lainnya.

Anjing dewasa yang tenang mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk bergabung dengan rumah tangga yang sudah memiliki kucing daripada anjing berenergi tinggi.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: kompas.com)


Post Terkait

Comments