Kesalahan dalam Memelihara Kucing

Merawat hewan peliharaan seperti kucing memang sangat menyenangkan, selain dapat menghapus kesepian, merawat hewan peliharaan dapat membuat seseorang lebih percaya diri.

Namun, bukan sekadar memberikan tempat tinggal dan makanan saja, sebagai pemilik hewan peliharaan, banyak hal yang harus dilakukan agar hewan peliharaan bisa tumbuh sehat dan berkembang dengan baik.

Namun, dilansir dari Huffington Post, Selasa (15/12/2020), ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik hewan peliharaan. 

Memberikan obat manusia

Ada beberapa pemilik hewan peliharaan memberikan obat manusia terhadap kucing peliharaannya. Namun ini sebenarnya kesalahan yang fatal, sebab kebutuhan kucing dan manusia sangatlah berbeda, sehingga dapat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika kucing Anda sedang sakit, sebaiknya konsultasikan ke dokter hewan.

Tidak memerhatikan kotak kotoran

Terkadang beberapa orang abai dengan kebersihan kotak kotoran. Padahal hal ini sangat penting diperhatikan agar tidak membuat kucing sakit.

Kotak kotoran harus dibersihkan secara berkala untuk menghilangkan bakteri dan kumannya.

Abai dengan kebersihan bulu

Kucing memiliki bulu yang harus diperhatikan, yakni disisir dan dimandikan, sehingga terhindar dari kutu dan penyakit kulit lainnya. Terkadang pemilik hewan peliharaan tidak memerhatikan hal ini.

Tidak memberikan vaksin

Jangan menyepelekan pemberian vaksin kepada hewan peliharaan, karena vaksin dapat menghindari berbagai penyakit dari hewan peliharaan. Vaksin yang rutin dapat menjaga kesehatan bagi hewan peliharaan.

Abai menyikat gigi kucing

Penyakit gigi satu alasan paling umum untuk mengunjungi dokter hewan. Yang harus diketahui adalah penyakit gigi tidak selalu pada mulut saja namun dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)

 


Post Terkait

Comments