Kenali Tanda Kucing Peliharaan Anda akan Melahirkan

 Catlovers, tahukah kamu, sebagai pemilik kucing tentu kamu harus memahami apa saja tanda-tanda kucing akan melahirkan. Kenapa? Agar kamu bisa membantunya saat proses melahirkan nanti. Yuk, simak beberapa tanda yang biasa muncul ketika kucing kamu mau melahirkan.

Mencari tempat yang aman

Jika kamu mendapati kucingmu mondar-mandir mengelilingi isi rumah saat sedang hamil besar, bisa dipastikan ini adalah tanda bahwa dia akan segera melahirkan. Ya, kucing akan mencari tempat yang jauh dari gangguan luar yang bisa membahayakan anak-anaknya nanti. Induk kucing akan mencari tempat yang aman dan hangat seperti lemari baju, dapur, gudang, atau atap rumah sebagai tempat persembunyian.

  1. Sering tidur

Menjelang masa lahiran, kucing akan sering tidur bahkan hingga mencapai 20 jam sehari. Hal ini mungkin dilakukannya karena si induk harus menyiapkan fisiknya saat akan melahirkan nanti.

  1. Nafsu makan berkurang

Tanda selanjutnya adalah nafsu makan kucing akan berkurang. Jika kamu mengetahui kucingmu makan sangat sedikit, kamu tak perlu khawatir karena mungkin si kucing sedang lemas akibat berat badannya yang bertambah saat masa kehamilan. Tetap beri dia makan seperti biasa.

  1. Sering menjilati tubuh

Ketika kamu melihat kucingmu sering menjilati tubuhnya, hal ini karena si kucing sedang merangsang hormon yang akan mempermudah proses kelahirannya.

  1. Mengeong sepanjang waktu

Tanda yang paling mencolok saat kucing kamu akan melahirkan adalah mengeong sepanjang waktu. Ini adalah tanda alami yang kucing berikan pada manusia bahwa masa kelahirannya sudah sangat dekat dan dia meminta tempat yang nyaman dan tersembunyi untuk melahirkan.

  1. Air ketuban pecah

Jika kamu menemukan cairan yang keluar dari tubuh si kucing saat hamil besar, bisa jadi itu merupakan air ketubannya yang pecah pertanda bahwa dalam beberapa saat dia akan segera melahirkan. Segera pindahkan kucingmu ke tempat khusus yang sudah kamu siapkan dan menjauhlah sedikit saat dia akan melahirkan karena kucing tak ingin ada sedikit pun gangguan selama proses kelahiran.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.catlovers.id)


Post Terkait

Comments