Jika Kucing Kesayangan Susah Buang Air Besar

Kucing yang tidak mengeluarkan kotoran selama lebih dari 24 jam kemungkinan sedang mengidap sembelit. Namun, terkadang pemilik mungkin tidak mengetahui rutinitas kamar mandi kucing mereka karena beberapa kucing juga suka pergi ke toilet di luar ruangan.

Oleh karena itu, Anda mungkin tidak langsung menyadari kondisi ini. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa gejala sembelit pada kucing berikut: 

  • Perut menegang.
  • Kotoran keras, kering, dan kecil.
  • Mengejan yang dapat disalahartikan oleh pemilik sebagai kesulitan buang air kecil.
  • Kurang nafsu makan (sesekali).
  • Postur membungkuk.

Sambil menjadwalkan janji dengan dokter hewan, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut untuk meringankan gejala sembelit pada kucing: 

  • Tingkatkan Asupan Air Minum. Gejala sembelit kucing dapat diatasi jika Anda memastikannya tetap terhidrasi sepanjang hari. Siapkan mangkuk air di berbagai tempat di rumah untuk mengingatkan kucing agar minum lebih banyak. Sebaiknya pilih dalam mangkuk air yang lebar karena kucing biasanya lebih suka kumisnya tidak menyentuh sisi mangkuk. Mereka juga cenderung lebih menyukai mangkuk keramik atau logam. Selain itu, pastikan mangkuk air terpisah dari area tempat makanan atau kotoran. Beberapa kucing juga lebih suka minum air mengalir, jadi cobalah membiarkan keran sedikit menetes. Namun, jika sulit membuat kucing minum lebih banyak air, Anda juga bisa memberi makan makanan basah untuk meningkatkan asupan air untuk kucing. 
  • Lebih Banyak Bergerak. Memperkenalkan lebih banyak aktivitas pada rutinitas harian kucing akan membuat seluruh tubuhnya bergerak, termasuk juga ususnya. Carilah berbagai permainan yang bisa Anda mainkan bersama atau temukan mainan untuk menjaga mereka tetap bergerak. 
  • Tingkatkan Asupan Serat. Sembelit kucing bisa diatasi dengan memperhatikan kadar serat dalam makanannya. Jika Anda tidak yakin tentang jumlah serat yang dibutuhkan kucing dalam makanannya, tanyakan kepada dokter hewan karena memberi makan terlalu banyak atau terlalu sedikit serat dapat memperburuk sembelit pada kucing. 

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.halodoc.com)


Post Terkait

Comments