Jika Kucing Anda Muntah Usai Makan

Apakah kamu pernah menemukan kucing peliharaan tiba-tiba muntah saat makan? Hal ini tentu membuatmu khawatir apalagi jika disertai dengan lemas dan kurangnya nafsu makan.

Muntah pada kucing dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan baik yang ringan maupun berat.

Saat mengalami masalah pada pencernaannya dan sulit mencerna makanan, kucing seringkali memuntahkan makanan ataupun minumannya kembali,

Melansir dari Scollar, Kamis (24/2/2022), berikut ini adalah 5 Alasan kucing muntah sesaat setelah makan atau minum dan cara mengatasinya.

Makan terlalu banyak

Saat waktu makan tiba, kucing seringkali terlalu bersemangat untuk memakan makanan mereka.

Kucing makan dengan lahap padahal hanya sedikit ruang di dalam perut mereka sehingga setelahnya akan merasa mual. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya berikan makanan dalam porsi yang sedikit namun sering.

Makan atau minum terlalu cepat

Jika muntahan kucing berbentuk utuh dan tidak terkunyah dengan baik atau terdapat genangan muntah di dekat wadah air, ini bisa menjadi tanda bahwa kucing makan terlalu cepat.

Hal ini sering terjadi jika kamu memiliki lebih dari satu kucing sehingga kucing akan makan dengan cepat karena takut makanannya dimakan oleh yang lainnya.

Kamu mempertimbangkan untuk memberi makan kucing di area terpisah sehingga mereka merasa cukup aman untuk makan dengan kecepatan mereka sendiri.

Hairball atau bola bulu

Memuntahkan hairball dianggap sebagai prosedur normal bagi kucing untuk menelan rambut saat merawat dirinya sendiri, dan terkadang kucing memuntahkan bola rambut.

Jika kucing sering memuntahkan bola rambut, dokter hewan mungkin menyarankan perawatan seperti diet untuk mengurangi pembentukan rambut, atau melakukan grooming pada kucing untuk mengurangi volume rambut yang tertelan.

Makanan yang sulit dicerna

Pada habitat aslinya kucing memang memangsa burung ataupun tikus dan memakan mereka. Beberapa produk kucing juga menawarkan daging, lemak dan tulang hewan.

Namun terkadang kucing sulit mencernanya sehingga menimbulkan muntah dan diare. Sebaiknya perhatikan makanan yang kamu berikan kepada kucingmu agar tidak menimbulkan masalah pencernaan.

Menelan tanaman beracun

Beberapa jenis tanaman dapat sangat beracun bagi kucing dan biasanya keracunan ditandai dengan muntah.

Beberapa jenis tanaman yang sebaiknya tidak ditanam jika kamu memiliki kucing adalah peace lily, amaryllis, chrysanthemum, kalanchoe dan masih banyak lagi. Sebaiknya hindari meletakkan tanaman ini di area yang bisa di jangkau oleh kucingmu.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments