Jika Hidung Anjing Anda Tiba-tiba Mengering Bagian 1

Sebagai pemilik anjing kita tentu tahu bahwa hidung dari sahabat berbulu kita selalu basah. Namun ketika hidung anjing tiba-tiba kering, normalkah hal ini?

Manfaat utama dari hidung yang basah adalah adanya partikel aroma yang menempel dengan sangat baik pada permukaan yang lembab. Hal ini memungkinkan anjing untuk mencium banyak bau.

Anjing memiliki sel khusus di rongga hidungnya yang menghasilkan lendir tipis untuk membantu mengharumkan. Saat anjing menjilat hidungnya, ia membersihkannya sekaligus menambahkan kelembapan.

Anjing juga memproses aroma sebagian melalui rasa menggunakan organ khusus Jacobsen mereka.

Hidung lembap anjing juga membantu membuatnya tetap dingin melalui penguapan, seperti halnya kita manusia berkeringat.

Penyebab hidung anjing mengering

Dilansir dari Daily Paw, Selasa (8/6/2021), mitos umum menyebutkan bahwa hidung anjing yang kering menunjukkan bahwa ia sedang sakit. Syukurlah, hal ini tidak benar. Ketika anjing memiliki hidung kering, itu benar-benar normal dan tidak berbahaya dan kamu tidak perlu khawatir.

Hidung anjing kering saat disentuh berarti kelembapannya lebih sedikit dari biasanya. Hidungnya mungkin juga terasa lebih hangat dari biasanya saat kering.

Ini adalah ilusi karena kurangnya kelembaban (pikirkan tentang kolam renang berpemanas versus udara). Air yang bersuhu 85 derajat terasa lebih dingin saat disentuh daripada udara yang bersuhu 85 derajat. Saat hidung anjing kering, kamu akan merasakan sesuatu yang mendekati suhu tubuh normalnya.

Satu-satunya hal yang perlu dikhawatirkan dari kondisi hidung anjing yang mengering adalah jika ia memiliki gejala lain, termasuk perubahan tekstur hidungnya, retakan pada hidung, lesu, lesi di tempat lain pada kulitnya, atau tanda-tanda penyakit atau penyakit lainnya, serta ketika anjing menunjukkan perilaku tidak normal.

Alasan normal mengapa hidung anjing kering

  1. Tidur

Saat anjing sedang tidur, dia tidak menjilat hidungnya sama sekali. Hal ini dapat menyebabkan permukaan menjadi kering. Ini seperti ketika mulutmu menjadi kering jika sedang tidur dengan mulut terbuka.

  1. Alam

Matahari dan angin dapat mengeringkan hidung anjing, seperti halnya bibir kita dapat mengering dalam kondisi yang sama.

Panas dan dingin yang ekstrem dapat memiliki efek yang sama, dan berbaring di dekat ventilasi panas di musim dingin juga dapat mengeringkan hidung anjing.

Ini biasanya bersifat sementara, tetapi paparan sinar matahari, angin, atau suhu ekstrem yang terlalu lama dapat memiliki efek yang merugikan. 

  1. Aktivitas berlebihan

Jika anjing telah berolahraga keras atau terlalu bersemangat tentang sesuatu, hidungnya mungkin menjadi kering karena kombinasi dari tidak menjilati hidungnya, tidak minum, dan mengering karena angin saat ia berlarian.

Olahraga berat juga dapat menyebabkan dehidrasi ringan, yang akan mengeringkan hidung.

  1. Usia

Anjing yang lebih tua lebih cenderung memiliki hidung kering.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments