Jika Gigi Kucing Kesayangan Anda Copot

Sobat Pintar, beberapa waktu lalu PetPi mendapatkan pertanyaan berupa apakah gigi kucing bisa copot? Nah, perlu kamu ketahui bahwa gigi kucing copot merupakan kondisi yang normal terjadi pada kucing sama halnya dengan manusia. 

Pada kasus manusia, banyak sekali penyebab copotnya gigi mulai dari faktor alami dan juga adanya masalah kesehatan.

Faktor alami ini terjadi karena terdapat pergantian gigi susu ke gigi permanen secara alami. Tetapi, gigi pun dapat copot karena masalah kesehatan, misalnya adanya gigi yang rusak, gigi berlubang dan sebagainya. 

Lantas, bagaimana dengan kucing? Apa yang menjadi penyebab gigi copot pada kucing? Yuk, mari kita simak bersama-sama ulasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab Gigi Kucing Copot 

Mengetahui penyebab dari copotnya gigi kucing dan cara mengatasi rasa sakitnya sudah menjadi satu kesatuan yang harus kamu ketahui semuanya. Ada beberapa faktor yang bisa membuat kucing sakit gigi dan akhirnya gigi tersebut copot, seperti:

1. Menggigit Benda Keras

Kucing bisa mengalami cedera di bagian mulut ketika ia menggigit benda yang sangat keras, misalnya tulang, kayu dan benda keras lainnya. Benturan yang terjadi antara benda dan giginya ini kemungkinan besar akan menyebabkan gigi kucing patah.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kamu untuk tidak memberikannya makanan atau mainan yang bertekstur sangat keras, hal ini harus dilakukan untuk mencegah tanggalnya gigi kucing di kemudian hari.

2. Gigi Terkena Infeksi

Hal lain yang bisa jadi salah satu penyebab gigi kucing copot yaitu ia terkena infeksi. Gangguan ini akan menyerang bagian sekitar gigi dan gusi yang bisa menyebabkan gigi menjadi rapuh sehingga ia tidak dapat bertahan dengan baik.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu perlu rajin menggosok giginya paling tidak seminggu sekali. Berbeda dengan manusia, kucing itu memiliki sikat gigi dan pasta gigi khusus sehingga kamu perlu membelinya dahulu di toko hewan terdekat. 

Jika kamu tidak ingin repot, saat ini juga sudah banyak kok tempat yang menyediakan paket grooming beserta sikat giginya dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Siklus Pergantian Gigi

Penyebab gigi copot pada kucing berikutnya adalah terjadinya siklus pergantian gigi. Apabila kucing masih berusia 5 sampai 7 bulan, ternyata gigi kucing juga mempunyai kemiripan dengan gigi manusia yaitu terdapat gigi susu dan gigi permanen. 

Biasanya siklus pergantian ini terjadi pada kucing dengan usia 5 sampai 7 bulan. Anakan kucing atau kucing yang usianya kurang dari 1 tahun, masih mempunyai gigi susu di dalam mulutnya. 

Maka dari itu, suatu ketika kucing dapat mengalami copot gigi sebab memang telah tiba siklus pergantian dari gigi susu ke gigi dewasa. Untuk kasus ini, gigi kucing copot menjadi sebuah hal yang alami dan normal terjadi pada anakan kucing.

4. Mengalami Gangguan Kesehatan

Selanjutnya, apabila kucing berusia sudah lebih dari 1 tahun dan mengalami gigi copot, bisa jadi terdapat masalah kesehatan pada gigi kucing tersebut. 

Biasanya masalah kesehatan yang sering terjadi yaitu karang gigi, infeksi kronis, dan karena faktor usia. Faktor usia ini berarti kucing yang sudah tua bisa mengalami gigi copot sebab adanya penurunan kesehatan dan kekuatan gigi. 

Semoga  bermanfaat. (aks/sumber: www.jagadtani.com)


Post Terkait

Comments