Jika Anjing Peliharaan Anda Sering Bersin

Siapa di antara kalian yang punya anjing? Bagi kalian yang punya anjing, pasti kalian pernah melihat anjing kalian bersin kan? Ternyata anjing ingin menyampaikan sesuatu ketika bersin. Apa ya makna di balik bersinnya anjing tersebut?

 Ada banyak alasan mengapa anjing bersin. Alasan yang pertama adalah sama seperti bersin yang terjadi pada manusia, yaitu terganggu dengan adanya debu, parfum, cairan pembersih lantai, dan bahkan pollen dari bunga-bunga yang beterbangan. Anjing juga bersin karena ada sesuatu yang menyangkut pada hidungnya, misalnya tanah yang masuk ke hidung ketika mereka mengais-ngais.

 Jika anjingmu bersin terlalu sering, mungkin ia alergi dengan sesuatu yang ada di udara seperti misalnya pewangi ruangan yang kamu semprotkan di rumahmu atau cairan pembersih lantai yang kamu gunakan.

 Anjing pemburu atau anjing-anjing yang suka mengendus-ngendus tanah dan semak-semak juga kadang kemasukan ranting-ranting atau daun-daun ke dalam hidung mereka. Jika anjingmu suka melakukan hal tersebut dan ia bersin-bersin maka periksalah hidungnya. Anjing akan bersin untuk mengeluarkan benda asing tersebut dari hidungnya.

 Tapi jika hidung anjingmu mengeluarkan darah dan mereka terus-terusan menggaruk hidungnya, bawalah segera anjingmu ke dokter hewan agar benda asing tersebut dapat dikeluarkan.

 Menariknya, anjing juga suka bersin pada saat bermain. Hal tersebut bukan tanpa alasan atau bukan karena ada yang menyangkut di hidung mereka. Melainkan sebagai tanda bahwa mereka sedang senang dan hal tersebut adalah hal yang normal.

 Anjing bersin saat bermain karena mereka ingin menunjukkan bahwa apa yang mereka lakukan hanyalah main-main, tidak serius. Mereka hanya pura-pura berkelahi. Terutama ketika anjing berukuran besar sedang bermain dengan anjing yang berukuran kecil dan mereka bersin, maka kamu tidak perlu khawatir karena mereka tidak akan saling menyakiti.

 Jika anjingmu terus menerus bersin setiap hari, ada kemungkinan ia terkena infeksi di hidungnya. Aspergillus fungus adalah infeksi hidung yang umumnya terjadi ketika anjing tidak sengaja menghirup fungi dari debu atau rumput-rumputan.

 Gejala-gejala infeksi hidung ini dapat berupa bersin-bersin, rasa sakit di hidung, hidung berdarah, atau pembengkakan. Jika anjingmu menunjukkan gejala-gejala tersebut, kamu harus membawanya secepat mungkin ke dokter hewan.

 Dalam kondisi yang sangat jarang, bersin-bersin pada anjing juga dapat disebabkan karena kutu yang ada di dalam hidung. Serangga kecil ini ada di saluran hidung karena masuk saat anjing mengais-mengais tanah. Kutu di hidung dapat sangat mengganggu dan dapat menyebabkan hidung anjingmu berdarah. Jika anjingmu mengalami ini, kamu juga sebaiknya membawa anjingmu ke dokter hewan.

 Beberapa alasan lain mengapa anjingmu bersin adalah karena infeksi gigi, tumor, atau karena ras tertentu. Gigi premolar ketiga yang ada di bagian atas mulut anjing memiliki akar yagn sangat dekat dengan saluran hidung. Jika gigi ini mengalami infeksi, maka anjing juga dapat bersin-bersin.

 Kadang-kadang bersin juga disebabkan oleh sesuatu yang lebih serius seperti tumor. Alasan

paling sering mengapa anjing memiliki tumor di hidung adalah karena mereka berlaku sebagai perokok pasif. Dan tumor hidung lebih sering terjadi pada anjing yang memiliki hidung panjang.

 Alasan yang terakhir adalah karena bawaan dari beberapa jenis ras tertentu. Anjing yang memiliki ras Boston terrier, bulldog, dan pug memiliki saluran hidung yang lebih sempit. Sehingga mereka lebih sering bersin dari pada anjing-anjing dengan ras lain.

 Banyak sekali ya kemungkinan mengapa anjing bersin-bersin. Pastikan kamu benar-benar paham mengapa anjingmu bersin.

 Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.halodoc.com


Post Terkait

Comments