Jika Anjing Memiringkan Kepalanya saat Kita Bicara

Pernahkah kamu melihat anjingmu memiringkan kepalanya ketika kita berbicara? Tentu kita akan bertanya-tanya apakah anjing itu sedang mendengarkan, berpikir, atau memiliki maksud lain?

Tingkah laku memiringkan kepala pada anjing saat kita berbicara merupakan hal yang normal. Ini menjadi penanda bahwa kita bukanlah hewan sejenisnya, dan dia mencoba mencari tahu jenis suara apa yang keluar dari mulut kita.

Menurut para ahli, anjing memiringkan kepalanya sebagai respons terhadap suara yang tidak diketahui dan untuk mengetahui dengan lebih baik dari mana suara itu berasal.

Michael Burke, seorang komunikator hewan dan konsultan perilaku yang berbasis di Los Angeles, menjelaskan bahwa anjing belajar memahami suara dan nada yang berbeda sebagai metode komunikasinya dengan manusia.

Ketika dia mendengar nada yang berbeda dicampur dengan beberapa yang dikenal, dia akan memiringkan kepalanya saat memproses nada untuk memahami apa yang sedang diungkapkan.

Anjing kita mungkin juga memiringkan kepalanya agar dia tidak hanya mengetahui suara apa itu, tetapi juga di mana letaknya.

“Anjing memiliki pendengaran yang luar biasa, tetapi dia dapat mengalami kesulitan menentukan arah dari mana suara itu berasal,” kata Colleen Demling-Riley, pendiri Pelatihan Anjing Pawtopia di San Diego, California.

Demling-Riley menambahkan bahwa dengan memiringkan kepala, anjing bisa mendengar suara tersebut dengan lebih jelas. Hal ini terutama berlaku untuk anjing dengan telinga floppy.

Telinga yang terkulai itu dapat meredam pendengarannya, sehingga memiringkan kepala memungkinkan anjing untuk mendengar lebih jelas.

Selain itu, hidung anjing juga dapat menghalangi saat dia mencoba melihat apa yang terjadi, sehingga si anjing mungkin memiringkan kepala untuk melihat lebih baik, bahkan meskipun kita berdiri tepat di depannya.

Jika kita ingin melihat apa yang dilihat anjing kita, Demling-Riley menyarankan untuk mencoba hal ini:

  • Kepalkan tangan dan letakkan di depan hidung.
  • Lihatlah objek yang berada tepat di depan kita.
  • Sekarang miringkan kepala kita, apakah objek itu tampak lebih jelas?

Lalu mengapa anjing tidak memiringkan kepala saat berkomunikasi dengan anjing lain?

Demling-Riley mengatakan ini karena anjing sangat fasih dalam bahasa mereka sendiri, sehingga tidak perlu memiringkan kepala untuk memahami apa yang terjadi.

Anjing juga dapat memiringkan kepalanya ketika mendengar suara yang sangat aneh di televisi, atau jika mendengar suara sirene di luar.

"Suara bernada tinggi dapat memicu perilaku ini," kata Burke.

“Semakin tinggi nadanya, semakin sensitif anjing terhadapnya, itulah sebabnya dia dapat mendengar peluit bernada tinggi yang tidak dapat didengar manusia.”

Menariknya, Deming-Riley mengatakan bahwa kebanyakan anjing dengan cepat mengetahui bahwa kita menyukai kemiringan kepalanya yang lucu.

Anjing menyadari bahwa jika dia melakukan perilaku ini, dia akan mendapatkan pujian dan dapat melalukan interaksi yang berkepanjangan dengan kita.

Hal ini mendorong anjing untuk lebih sering bereaksi memiringkan kepala dibanding anjing yang kurang sering diajak berkomunikasi.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments