Jika Anjing Anda Suka Sembunyikan Barang-Barang di Rumah, Ini Maknanya

Anjing merupakan hewan yang aktif, suka bermain, terutama aktivitas yang mengasah kemampuannya melacak sesuatu. Akan tetapi, anjing ternyata juga gemar menyembunyikan atau mengubur barang ke dalam tanah. Jika Anda merasa menjadi korban karena barang-barang milik Anda di rumah ikut disembunyikan, sepertinya Anda perlu mengetahui apa tujuannya.

Mengubur barang-barang seperti tulang, makanan, dan mainan adalah sesuatu yang sudah dilakukan anjing sejak dahulu, yakni bangsa serigala atau canidae yang merupakan nenek moyang mereka. Apakah anjing dan serigala melakukan itu ada alasannya? Tentu saja, ya.

Dilansir dari dailypaws.com, Leslie Sinn, DVM, DACVB, CPDT-KA, dan pemilik Behavior Solutions di Hamilton mengatakan, pikiran umum kebiasaan mengubur benda-benda berharga adalah perilaku caching alami yang terlihat pada canid lain, seperti serigala, koyote, dan rubah merah. Caching adalah penyimpanan makanan yang tersedia untuk dikonsumsi nanti.

Anjing masa kini ternyata memiliki pemikiran yang sama dengan nenek moyang mereka. Hal ini sangat wajar dan alami. Sama seperti tupai yang menyimpang kacang untuk musim dingin atau manusia yang menyimpan barang di brankas, anjing juga mengubur barang mereka yang berharga agar tetap aman dan tak kehilangan barang itu.

Namun, anjing masa kini tak akan pernah kekurangan makanan karena pemilik akan selalu memperhatikan mereka. Lalu, apa alasan sebenarnya?

Jika suatu hari Anda menemukan anjing Anda mengubur makanan, ada kemungkinan bahwa anjing Anda kelebihan makanan. Saat anjing sudah kenyang dengan makanannya, mereka biasanya akan berusaha menyembunyikan sisa makanan untuk dikonsumsi nanti sebagai cemilan.

Namun, mengubur makanan yang bagi anjing juga dapat berarti bahwa anjing sedang merasa tak aman dengan lingkungannya. Anjing akan mengubur makanannya sampai menunggu waktu yang nyaman untuk memakannya kembali. Dalam hal ini, sebagai pemilik Anda perlu memperhatikan tingkah laku anjing Anda, apalagi jika ternyata ada beberapa anjing yang tinggal bersama Anda.

Mereka juga bisa jadi bosan dengan makanan yang Anda berikan. Sebab bosan itulah, anjing memilih untuk mengubur makanan agar tak perlu repot-repot memakan makanan yang menurutnya membosankan.

Selain itu, saat hewan tinggal bersama hewan lain dalam satu rumah, seekor anjing secara naluriah akan menyembunyikan barangnya (mainan atau hal-hal yang dianggapnya berharga) untuk diri mereka sendiri. Mereka khawatir bila anjing atau hewan lain akan mencuri barang-barang atau makanan mereka.

Seekor anjing yang tertekan atau tak bisa beradaptasi dengan lingkungannya biasanya juga akan mengubur barang mereka ke dalam tanah atau menyembunyikannya ke suatu tempat yang aman. Dengan melakukan hal ini, anjing yang cemas akan merasa aman karena barang-barangnya sudah disembunyikan.

Dalam kasus yang parah, seekor anjing yang selalu tertarik dengan segala hal akan menyembunyikan barang-barang yang mereka anggap berharga. Ini tentu dapat menyebabkan masalah untuk Anda karena barang jadi hilang satu persatu dari dalam rumah. Cara mengatasi hal ini, Anda perlu berkonsultasi dengan konsultan perilaku anjing.

Namun, Anda tetap bisa mengatasinya sendiri dengan memberikannya beberapa pelajaran tentang cara bermain yang benar sejak awal. Anda juga tak boleh memberi akses anjing untuk menyentuh barang-barang penting Anda seperti kunci mobil, sepatu, remot, ponsel dan sebagainya. Berikan mainan yang sesuai untuk anjing agar mereka memiliki benda pribadi mereka sendiri.

Dilansir dari akc.org, anjing dengan rutinitas yang merangsang mental dan fisik cenderung tak memiliki kebiasaan buruk. Mengajarkan trik kepada anjing merupakan cara yang bagus untuk menjalin ikatan dengan anjing Anda, sekaligus mengajarkan tata krama bermain yang sopan.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.momsmoney.id)


Post Terkait

Comments