Jika Anda Ingin Anjingnya Panjang Umur

Sebagai pemilik sekaligus pecinta anjing kita tentu ingin hewan peliharaan kita selalu sehat dan panjang umur.

Untuk mewujudkannya, Tim Norris, penyembuh anjing dan pendiri terapi myofungsional anjing (pijat anjing), akupunktur, dan layanan rehabilitasi anjing, Both Ends of The Lead, memberikan saran tentang cara merawat anjing yang lebih tua agar bisa panjang umur dan sehat.

  1. Jangan memberi makan anjing terlalu banyak

Dikutip dari Reader’s Digest, Senin (22/2/2021), terlalu banyak memberi anjing makan dapat menyebabkan penyakit jantung dan masalah sendi.

Beri makan anjing makanan bergizi agar berat badannya tetap ideal.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa sendiri kondisi anjing apakah dia kelebihan berat badan atau tidak.

Pertama, berdirilah sehingga dapat melihat anjingmu dari atas. Jika kamu bisa melihat ada garis pinggang yang jelas tepat di belakang tulang rusuk mereka, itu artinya berat badan anjing normal.

Kedua, usapkan tanganmu dengan lembut ke sisi tubuh anjing dan kamu seharusnya bisa merasakan tulang rusuknya.

Jika kamu masih tidak yakin apakah kamu memberi makan anjing secara berlebihan setelah melakukan pemeriksaan mandiri, kamu harus berbicara dengan dokter hewan dan meminta nasihatnya.

Ada banyak faktor yang menentukan seberapa banyak kamu harus memberi makan pada anjing. Jika kamu memberi anjing makanan kering, maka jumlah yang disarankan untuk diberi makan biasanya tercantum pada kemasan.

Jika kamu membeli makanan dari dokter hewan setempat, biasanya dokter akan merekomendasikan berapa banyak makanan yang harus diberikan khusus untuk anjingmu, tergantung pada rasnya.

Saat ini, ada banyak orang yang memberi makan makanan mentah alami untuk anjing.

Jika kamu memutuskan memberi makanan mentah lebih cocok untuk anjingmu, sebaiknya kamu mencari tanggapan ahli tentang makanan yang tepat dan seimbang untuk anjingmu.

Seiring bertambahnya usia pada anjing dan menjadi kurang aktif (seperti halnya manusia), kemungkinan kamu juga perlu memberi makan mereka sedikit lebih sedikit.

Jika tidak, kamu berisiko mengalami berbagai masalah sendi seperti artritis melalui pemberian makan berlebihan.

Jika kamu memiliki anjing yang tampak kurus, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter hewan untuk mengetahui apakah ada kondisi yang mungkin dialami anjing yang menghentikannya untuk menambah berat badan.

Sebagian besar merek makanan hewan memiliki rangkaian produk untuk anjing senior, yang biasanya mengandung lebih banyak omega 3, 6 dan 9 untuk tulang dan persendian.

  1. Jangan melatih anjing terlalu banyak atau terlalu sedikit

Banyak ras anjing yang digolongkan sebagai anjing senior setelah mencapai usia tujuh tahun, Jadi penting untuk menyesuaikan caramu melatihnya untuk meminimalkan dampak pada persendiannya dan membantu anjing menua dengan lebih aman.

Permainan kejar-kejaran dengan intensitas tinggi seperti melempar bola dapat meningkatkan risiko cedera dan masalah persendian seperti artritis pada anjing senior.

Melompat dan memutar, akan memberikan banyak tekanan berlebih pada tubuh anjing yang lebih tua.

Meskipun banyak senior yang masih suka mengejar bola, kamu harus mempertimbangkan apakah ini benar-benar cara yang paling tepat dan teraman untuk melatih anjing senior.

  1. Jika anjing sudah tua, jangan terlalu banyak ajak mainan melempar bola

Jika kamu masih sering bermain melempar bola untuk anjing mu yang sudah tua, ada baiknya meluangkan setidaknya lima menit untuk mengajak anjing pemanasan terlebih dahulu. Ini dapat membantu mengurangi risiko cedera bagi mereka.

Kamu bisa melakukan ini dengan membiarkan anjing berjalan pada kecepatan normalnya sampai mereka merasa sudah mulai panas dan kemudian melempar bola ke tanah.

Jika kamu pernah melihat anjing merasa tidak nyaman atau melambat saat mengejar bola, inilah saat yang tepat untuk berhenti.

Jika mereka sakit setelah mengejar bola atau pegal di keesokan harinya, maka sebaiknya berhenti melempar bola untuk mereka dan temukan cara lain untuk melatihnya.

  1. Pastikan rumahmu aman

Jika Anda memiliki permukaan lantai seperti papan lantai, vinil atau ubin, ini bisa sangat licin untuk anjing yang lebih tua, sehingga mudah jatuh dan melukai diri sendiri.

Menempatkan permukaan anti selip di area yang sering digunakan anjing Anda dapat membantu membuat lantai lebih aman untuk anjing Anda.

  1. Buatkan pijakan

Jika anjing suka melompat-lompat di sofa atau tempat tidur, pikirkan untuk membuatkan pijakan agar anjing bisa naik dan turun dengan aman. Ini akan membantu mengurangi dampak pada persendian mereka dan risiko cedera.

  1. Rumah yang tenang dan santai

Stres dapat memengaruhi anjing kita dengan cara yang sangat mirip dengan bagaimana stres juga akan memengaruhi kita.

Kita semua dapat mengenali dampak stres terhadap kesehatan kita sendiri. Anjing juga bisa merasakan saat pemiliknya stres, untuk kemudian menujukkan tanda-tanda serupa.

Banyak pemilik anjing bersaksi bahwa anjing mereka mengenali dan merespons keadaan emosional mereka.

Jadi, melakukan semua yang kita bisa untuk meminimalkan tingkat stres kita sendiri adalah titik awal yang baik untuk membantu menjaga anjing kita tetap tenang dan sehat.

Penting untuk memperhatikan lingkungan rumah. Waspadai pemicu yang membuat anjing merasa stres dan hindari agar anjing tak merasakan hal tersebut.

. Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments