Jangan lakukan Ini Saat Melatih Anjing

Memiliki anjing pintar dan penurut tentu akan sangat menyenangkan. Namun terkadang meskipun sudah mencoba melatihnya dengan melakukan cara-cara yang dicontohkan buku dan video, anjing tetap tidak mau belajar dan menuruti perintahmu. Jika hal ini terjadi, bisa jadi terdapat kesalahan saat kamu mencoba melatih anjing mu.

Anjing dapat belajar dengan baik saat ia merasa senang dan tidak tertekan untuk itu sebaiknya perhatikan perilaku dan suasana hatinya.

Melansir dari American Kennel Club, Minggu (12/12/2021), berikut ini adalah kesalahan umum yang seringkali dilakukan saat melatih anjing.

Memberi perintah dengan mengomel

Saat anjing tidak patuh, kamu akan mulai mengucapkan kata perintah berulang kali dengan nada mengomel.

Dengan ini anjing akan mulai menghiraukanmu karena kamu terbiasa mengulangi perintah. Sebaiknya gunakan 1 kata isyarat dan ucapkan dengan tegas.

Isyarat yang tidak tepat

Anjing akan mulai berhenti merespon saat kamu menggunakan kata isyarat umum untuk mengajaknya melakukan sesuatu yang tidak ia sukai.

Misalkan saja kamu menggunakan kata “ayo” untuk mengajaknya mandi. Keesokan harinya kamu mungkin menggunakan kata “ayo” untuk mengajaknya berjalan-jalan, anjing akan ragu untuk merespon ajakanmu.

Untuk kegiatan yang tidak disukai anjing, hindari menggunakan isyarat yang kamu kamu gunakan. Ini mungkin akan berlaku saat awal melatih anjing agar anjing tidak bingung.

Jadwal latihan tidak rutin

Makanan kucing bisa digunakan sebagai kudapan reward ketika melatih anjing.(Unsplash/Ayla Verschueren)

Pastikan berlatih setiap hari agar anjing peliharaan dapat mengingat perintah dengan baik. Anjing memiliki sifat seperti balita dan anak-anak untuk itu daya fokus mereka pendek.

Waktu yang efektif dalam melatih anjing adalah pada 5 sampai 10 menit pertama dalam tiap sesinya.

Pengulangan yang monoton

Salah satu hal fatal dalam melatih anjing adalah pengulangan yang terus menerus namun mengharapkan hasil yang berbeda.

Jika kamu melakukan pelatihan yang sama namun anjing tak juga merespon, sebaiknya berhenti dan lakukan cara lainnya.

Melatih saat suasana hatimu sedang buruk

Yang terakhir, hindari melatih anjing saat suasana hatimu sedang buruk. Dengan begini kita cenderung akan mudah marah dan kehilangan kesabaran.

Jika kamu baru saja mengalami hari yang melelahkan, sebaiknya cukup bermain bersama anjing and bangun chemistry yang lebih erat.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber:www.kompas.com)


Post Terkait

Comments