Ini Riset, Anjing Akan Selalu Mencoba Menyelamatkan Pemiliknya

 Kita sering melihat video menakjubkan tentang anjing yang menyelamatkan pemiliknya dari situasi yang mengerikan seperti serangan jantung, kebakaran, hingga perampokan.

Ternyata sebuah penelitian mendukung perilaku tersebut dengan menyebutkan bahwa anjing akan selalu menyelamatkan pemiliknya dari bahaya. Selain itu, ilmu pengetahuan juga mendukung teori ini.

Menurut penelitian psikolog Joshua Van Bourg, kebanyakan anjing cenderung mencoba menyelamatkan pemiliknya, dibanding iming-imingi makanan.

Dalam riset yang dilakukan, enam puluh anjing peliharaan diuji perilakunya dalam berbagai skenario berbeda.

Salah satu skenarionya, seorang pemilik anjing dimasukkan dalam kotak besar dan diminta berpura-pura meronta dan meminta tolong. Di sisi lain, satu kotak makanan favorit anjing diletakkan untuk menggoda.

Hasilnya, sembilan belas dari 60 anjing memilih menghampiri camilannya sementara 20 anjing memilih dari 60 membantu pemiliknya.

"Sekitar sepertiga anjing menyelamatkan pemiliknya yang tertekan. Angka ini mungkin di bawah harapan, namun ada beberapa faktor yang membuat anjing ragu bertindak dalam uji coba," kata Van Bourg.

Van Bourg meyakini sebenarnya lebih banyak anjing ingin menyelamatkan pemiliknya, namun mereka kebingungan saat harus menghadapi sebuah pintu.

Alasan lain yang dipercaya oleh peneliti terkait mengapa tak semua anjing menyelamatkan majikannya adalah karena anjing-anjing itu sudah merasa stres saat tes dilakukan.

"Intinya, walau anjing kesulitan untuk membuka kotak, namun dari perilakunya mereka tetap ingin menyelamatkan pemiliknya,” ujar Van Bourg.

Adapun penelitian ini dilakukan terhadap berbagai jenis anjing, dan tidak semuanya terlatih. Artinya, secara naluri mereka memang ingin melindungi pemiliknya.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments