Ini Penyebab Kucing Batuk, Jangan Sepelekan Bagian 2

Gagal jantung kongestif

Ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah ke dalam tubuh, cairan bisa kembali ke paru-paru. Kondisi ini disebut dengan gagal jantung kongestif. Gagal jantung kongestif menyebabkan batuk pada anjing dan manusia. Kondisi ini juga bisa dialami kucing. Kucing dengan gagal jantung kongestif akan batuk, kesulitan bernapas, menunjukkan kelemahan dan kehilangan nafsu makan. Dalam kasus yang parah, kucing bisa mati mendadak.

Cacingan

Cacingan juga bisa jadi penyebab kucing batuk. Cacing juga bisa memengaruhi pernapasan. Kondisi ini sering kali ditandai dengan gejala batuk. Batuk juga bisa disebabkan oleh makanan kucing yang tidak tercerna dengan baik karena adanya cacing di pencernaan. Cacing yang biasa menyerang kucing adalah cacing pita, cacing gelang, dan cacing tambang. Kesehatan kucing bisa sangat menurun akibat cacingan. Gejala cacingan lainnya bisa meliputi muntah dan BAB disertai cacing, penurunan berat badan, diare, bulu kusam, gejala kelesuan lainnya.

Cacing jantung

Beberapa jenis cacing bisa masuk ke jantung dan paru-paru, menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Jenis cacing yang kerap ditemukan adalah cacing jantung atau heartworm. Cacing jantung disebarkan oleh nyamuk dan gejalanya mirip dengan gejala asma. Penyakit ini lebih sering terjadi di daerah yang hangat dan lembap. Kucing memiliki risiko yang lebih rendah untuk terinfeksi penyakit heartworm dibandingkan anjing. Namun, tetap penting mengetahui gejala yang bisa terjadi. Tanda-tanda cacing jantung termasuk mengi, muntah, tersedak, lesu, dan penurunan berat badan.

Kanker paru-paru

Kanker di rongga dada seringkali menyebabkan batuk pada kucing. Karsinoma adalah tumor paru primer yang paling umum pada kucing. Beberapa tumor dapat dikontrol dengan pengobatan. Jika tidak, operasi bisa menjadi pilihan. Tanda-tanda umum penyakit ini seperti nafsu makan yang buruk, penurunan berat badan, napas yang cepat dan sesak. Kelesuan, mengi, muntah, demam, atau ketidakseimbagan tubuh juga dapat terlihat.

Kalung yang ketat

Masalah sederhana juga bisa menyebabkan kucing batuk. Ini seperti kalung atau colar yang terikat kecang atau ketat. Tekanan pada batang tenggorokan kucing dapat menyebabkan kerusakan dan menyebabkan batuk. Kucing bisa batuk dan tersedak akibat kalung yang terlalu kencang.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.hot.liputan6.com)


Post Terkait

Comments