Hindari 4 Hal Ini Saat Memandikan Anjing Peliharaan

Memandikan anjing peliharaan, merupakan aktivitas yang wajib dilakukan setiap orang yang memeliharanya.

Memandikan anjing peliharaan begitu penting, demi menghindari beragam macam kotoran dan kuman. Hal itu juga sekaligus menjaga kebersihan anjing agar terlihat lebih baik.

Tak perlu ke salon khusus hewan peliharaan, memandikan anjing peliharaanmu bisa kamu lakukan secara mandiri. Hitung-hitung untuk menghemat juga.

Dilansir dari Honestpaws, Sabtu (7/11/2020), ada beberapa hal yang harus dihindari saat kamu memandikan anjing peliharaan. Berikut di antaranya.

  1. Tidak cukup mengeringkannya

Hewan peliharaan dengan bulu yang tebal membutuhkan waktu lama untuk dikeringkan. Jadi, hindari memandikan anjing peliharaan ketika cuaca yang dingin.

Apabila dipaksakan, hal itu akan membuat bulunya lama untuk kering sehingga anjing merasa tidak nyaman.

Jika kamu mau, belilah pengering bulu anjing khusus untuk mengekstraksi kelembapan membersihkan bulu-bulu anjing.

  1. Menyiram air ke telinga

Saat membersihkan bagian telinga, hindari menyemprotkan air ke telinga anjingmu. Jadikan kain lembab untuk membersihkan telinganya.

Air yang berlebihan di telinga akan menciptakan lingkungan lembab dan hangat, sehingga sempurna untuk pertumbuhan bakteri dan jamur.

Jika kamu takut tak sengaja menyiramkan air ke anjing peliharaanmu, maka tutup telinganya dengan beberapa bola kapas.

  1. Terlalu sering memandikan

Memandikan anjing secara teratur dan sering mungkin tampak seperti ide yang bagus, tetapi itu justru berbahaya karena bisa mengeringkan kulit mereka, khususnya anak anjing.

Sebum, campuran asam lemak, adalah zat berminyak yang disekresikan ke dalam folikel rambut dan ke kulit anjing. Ini adalah asupan yang memberi kulit anjing tetap lembut dan lembab. Sebum juga memiliki khasiat antibiotik.

Membasuh anjing dengan sabun berbahaya secara berlebihan akan menghilangkan asam lemak esensial dari tubuhnya. Akibatnya, bulu anjing peliharaanmu akan menjadi kering dan kusam, memengaruhi kulit di bawahnya.

  1. Menggunakan sampo manusia atau sabun cuci piring

Sampo untuk manusia seringkali memiliki tingkat keasaman yang tinggi bagi kulit dan bulu anjing. Tingkat pH kulit anjing berbeda dengan kulit manusia, dan menggunakan sampo manusia dapat mengeringkan bulunya.

Pengharum atau bahan kimia yang kuat juga akan berbahaya. Hindari sabun pencuci piring kecuali anjingmu telah berguling-guling dengan racun atau residu berbasis minyak.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments