Fakta dan Mitos Kucing Belang Tiga

Kucing Calico atau yang lazim disebut kucing belang tiga. Mendengar nama kucing ini pasti anda masih merasa asing seperti apa bentuknya.Namun anda pasti sudah pernah melihat kucing seperti ini, bahkan mungkin anda memeliharanya dirumah.Kucing Calico adalah kucing yang memiliki tiga warna di dalam tubuhnya.

Biasanya masyarakat jawa menyebutnya dengan nama kucing kembang telon. Ras Kucing ini tidak mengarah hanya pada satu jenis ras tertentu saja tapi hanya pada warna coklat di vorak bulunya. Kucing Jenis Calico memiliki kombinasi warna yaitu putih,hitam dan orange di tubuhnya.

Di negara Jepang,kucing yang memiliki 3 warna atau kembang telon di anggap akan membawa keberuntungan.Terlihat dari patung kucing yang salah satu tangannya berayun-ayun yang dipercaya akan menarik konsumen atau pelanggan. Patung kucing tersebut menggambarkan kucing Calico.

  1. Nama Lain Kucing Calico

Kucing Caliko memiliki banyak nama di setiap daerah beberapa diantaranya adalah Kucing belang tiga, kucing tiga warna, kucing telon, kucing kaliko atau kadang juga disebut sebagai kucing belacu. Meong ini merupakan kucing domestik yang memiliki warna dasar putih dengan tambahan warna belang dari dua warna lain, biasanya sih tambahan warna itu terdiri dari warna oranye dan hitam.

Nah Kalau Di Daerah luar Amerika Utara Kucing jenis ini disebut sebagai Calico atau kalau diartikan memiliki makna , pola tempurung kura kura dan putih. Bahkan meong ini juga sering dinamai sebagai Kucing chatte d’Espagne (bahasa Perancis untuk ‘kucing (betina) dari Spanyol’) Di provinsi Quebec, Kanada . Nah Untuk Nama Lain dari Kucing ini tentu berbeda tiap negaranya.

  • Kucing belang-belang atau tiga warna,
  • Di jepang Disebut mi-ke atau 未-毛 (bahasa Jepang untuk ‘kucing dengan tiga warna’)
  • Di Belanda disebut sebagai lapjeskat (bahasa Belanda untuk ‘kucing belang’);
  • Di Lusiana kucing belang tiga dengan warna dipanggil dengan sebutan kucing “kalimanko” atau “harimau dahan” .
  • Di Daerah Lain Kadang-kadang, kucing belang tiga dikombinasikan dengan pola bulu kucing disebut dengan “kalibi”.
  • Di Indonesia Disebut Sebagai Meong Kembang Telon
  1. Mitos Kucing Belang Tiga ( Calico)

Nah, uniknya lagi,sebagian besar kucing Calico memiliki jenis kelamin betina. Sangat jarang ditemukan kucing Calico yang berjenis kelamin jantan. Fakta tersebut membuat ada mitos yang muncul dan dihubungkan dengan kenyataan tersebut. Kucing ini diyakini memiliki keistimewaan yaitu memiliki kekuatan supranatural, dapat menjadi raja kucing di wilayahnya dan membawa keberuntungan. Secara Singkat Beberapa mitos yang berkembang adalah :

  1. Bisa Menjadi Raja Kucing Di Daerahnya
  2. Bisa Membawa Keberuntungan Bagi Pemiliknya
  3. Bisa Menghipnotis Mangsanya ( Cicak bisa Jatuh kalau lihat Matanya )
  4. Memiliki Kekuatan Supranatural ( Misteri Mistis )
  5. Kalau Lahir Kitten Jantan maka Akan dimakan Induknya
  1. Fakta Seputar Kucing Tiga Warna

Banyak Orang yang mengungkapkan kalau kucing melahirkan kucing Calico jantan biasanya anakan kucing akan dimakan oleh induknya setelah lahir. Ada yang menganggap jika hal itu dilakukan agar tidak ada kucing yang berkuasa diantara mereka. Sekali lagi ini hanya mitos semata. Kucing Calico yang lahir selalu berjenis kelamin betina dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. 1. Kenapa Kucing Belang Anaknya Betina

Kucing Betina memiliki kromosom XX dan kucing jantan memiliki kromosom XY.warna kucing (hitam,putih dan orane dibawa oleh kromosom X,kromosom X yang dibawa oleh betina (XX) dan bisa juga dari kucing jantan (XY).Untuk mendapatkan kucing Calico,dibutuhkan 2 kromosom X dengan gen warna yang berbeda (kromosom Y tidak membawa gen warna).Sehingga kucing yang akan lahir menjadi XX betina.

  1. Kenapa Anak Calico jantan dimakan induknya

Tapi jika ada kejadian yang lahir kucing jantan maka dapat disebabkan oleh perubahan ekspresi gen karena perubahan kombinasi kromosom. Kucing jantan yang harusnya kromosom XY berubah menjadi XXY. Kromosom XXY dapat membawa kelainan pada kucing yang berupa gangguan pertumbuhan dan infertilitas atau tidak bisa memiliki anak. Kelahiran kucing calico jantan pada akhirnya akan dimakan oleh induknya. Insting induk kucing untuk memakan anaknya yang memiliki kelainan bertujuan agar tidak akan menganggu hidup kucing yang lain bukan karena takut akan menjadi penguasa.

  1. Angka Kelahiran Sangat Kecil

Kemungkinan kelahiran kucing Calico juga sangat kecil yaitu 1:3000 dari semua kelahiran kucing calico.Untuk kucing Calico jantan yang sehat dan subur kemungkinannya sangatlah kecil. Sehingga kucing calico jantan sangat jarang ditemukan dan kabarnya jika dijual akan berharga jutaan rupiah. Nah sudah Paham kan kenapa kita susah menemukan kucing jantang untuk jenis kaliko ini ? Nah Kalau sudah pada tahu pasti ingin tahu kan berapa sih harganya ? Yuk simak penjelasan dari KucingMu.com Dibawah ini

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kucingmu.com)


Post Terkait

Comments