Cara Perawatan Anjing yang Ramah Lingkungan

Melakukan perawatan anjing yang ramah lingkungan memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, beberapa cara yang dilakukan atau produk yang digunakan terkadang tidak ramah lingkungan.

Saat memiliki anjing atau anak anjing, Anda harus menyimpan banyak persediaan makanan. Banyak di antaranya biasanya terbuat dari bahan yang tidak ramah lingkungan seperti plastik

Namun, saat ini, produk hewan peliharaan yang ramah lingkungan semakin populer dan ini merupakan salah satu cara kecil Anda dan anjing Anda untuk membuat dunia sedikit lebih baik.

Dilansir dari laman Apartment Therapy, Senin, (21/6/2021), berikut ini lima cara melakukan perawatan anjing yang ramah lingkungan.

Kemasan yang bisa didaur ulang

Terlepas dari makanan dan camilan apa yang dipilih, sebaiknya mencari kemasan yang dapat didaur ulang sehingga menghilangkan limbah konsumen yang tidak perlu.

Selain itu, jika memiliki ruang penyimpanan dan dana, lebih baik membeli kantong makanan anjing berukuran ekonomis atau lebih besar untuk menghemat uang, biaya pengiriman, sekaligus mengurangi jumlah limbah plastik.

Tempat tidur anjing

Banyak tempat tidur anjing tradisional yang terbuat dari busa atau bulu domba. Namun, ada banyak pilihan bahan ramah lingkungan yang cocok dengan dekorasi apa pun, termasuk  terbuat dari rami, bahan daur ulang, serta botol plastik daur ulang.

Misalnya, Avocado menggunakan kayu reklamasi untuk membuat tempat tidur kayu buatan tangan lengkap dengan kasur biodegradable dan sabut kelapa. Tempat tidur ini tersedia untuk ukuran anjing kecil dan besar.

Tas kotoran

Menurut Live Science, anjing di Amerika Serikat menghasilkan sekitar 10,6 juta ton kotoran setiap tahun. Jumlah ini sangat besar, terlebih banyak pemilik anjing mengambil kotoran anjing mereka menggunakan kantong plastik, kemudian membuangnya ke tempat sampah.

Membersihkan kotoran anjing tidak hanya menghilangkan kotorannya agar tidak tersebar, tetapi juga melindungi lingkungan. 

Mengingat, kotoran anjing adalah polutan, dapat merusak saluran air, dan membawa penyakit jika tidak segera diberishkan dan membuangnya dengan benar.

Alih-alih menggunakan kantong plastik, Anda dapat membeli kantong kotoran kompos yang terbuat dari produk nabati sehingga mudah terurai.

Banyak dari produk ini datang dalam kotak atau gulungan sehingga memudahkan membersihkannya saat bepergian. Caranya, cukup dengan menyendoknya.

Angkutan umum

Menggunakan transportasi umum adalah cara bagus bepergian bersama hewan peliharaan seperti ke dokter hewan.

Di banyak kota, Anda dapat membawa hewan peliharaan kecil, termasuk anjing kecil, masuk angkutan umum seperti bus kota dan kereta bawah tanah, tetapi biasanya anjing harus berada dalam kandang selama perjalanan. 

Namun, sebelumnya, memeriksa terlebih dulu aturan tersebut guna memastikannya.

Kalung anjing

Perawatan anjing yang ramah lingkungan dapat dilakukan dengan memilih kalung anjing dari bahan bukan plastik. 

Sebagian besar kalung anjing dan tali kekang terbuat dari kulit atau anyaman nilon yang kokoh, tetapi merupakan jenis plastik. Pemilik anjing yang sadar lingkungan mencari kalung anjing yang ramah lingkungan. 

Take Cycle Dog, misalnya, perusahaan mendaur ulang karet lama dari ban sepeda dan mengubahnya menjadi kalung anjing yang tahan air dan tahan lama.

Selain itu, terdapat pula kalung anjing yang terbuat dari rami dan tali kekang yang terbuat dari botol air daur ulang. Pilihan ini hadir dalam desain dan warna yang menyenangkan dan stylish.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments