Cara Menghentikan Perilaku Mencakar Dan Menggigit

Terkadang jika kucing terbiasa menggigit dan mencakar, sulit untuk melatihnya agar lepas dari perilaku ini. Butuh kesabaran dan waktu, tetapi Anda bisa mengajari kucing Anda bahwa Anda tidak menjadi sasaran serangannya, bahkan jika kucing melihatnya sebagai bentuk permainan.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjauhkan diri dari serangan permainan kucing Anda:

Potong kuku/cakarnya

Pemotongan cakar harus dilakukan secara teratur untuk menjaga agar cakar kucing tidak tumbuh ke dalam. Anda tidak perlu memotong cakar kucing karena perilaku menggaruknya, tetapi menjaga cakarnya tetap terpangkas rapi dapat membuat serangan nakalnya tidak terlalu menyakitkan bagi korban.

Mengaduh

Jangan meneriakkan “aduh,” tapi ucapkan dengan keras dan jelas. Saat Anda mendapatkan perhatian kucing, lepaskan tangan Anda dari cengkeramannya. Jangan mencabutnya atau kucing itu akan berpikir bahwa permainannya masih berjalan dan dia akan meraihnya kembali.

Pegang kucing di dekat tengkuknya

Ini adalah salah satu bentuk pendisiplinan kucing yang paling efektif. Ini meniru hukuman yang diberikan induk kucing kepada anak kucing yang nakal. Pegang kucing pada tengkuknya (leher bagian belakang) dan dorong dengan kuat ke bawah, sambil mengatakan “tidak” dengan nada suara yang tegas.

Tahan kucing pada posisi ini selama tiga atau empat detik lalu lepaskan. Kemungkinannya adalah kucing akan menyelinap pergi, merasa terhukum, dan akan memulihkan martabatnya tetapi akan mengingat pelajaran ini untuk waktu yang lama.

Arahkan kembali perhatiannya

Menggigit tangan atau kaki secara main-main seringkali terjadi hanya karena kucing Anda bosan dan sedang mencari objek bermain. Berikan waktu 15 menit bermain aktif dengan mainan interaktif.

Kenali kucing Anda

Ini semua tergantung pada Anda untuk menyadari perubahan perilaku atau kondisi fisik kucing Anda. Cobalah untuk tetap meraba-raba kucing secara rutin sehingga Anda terbiasa menyentuh setiap bagian tubuhnya, dari kepala hingga ujung kaki. Kemudian tetaplah waspada untuk melihat tanda-tanda peringatan agresi yang akan datang.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber:www.gerava.com)

 


Post Terkait

Comments