Cara Mengatasi Kucing Keracunan

Kucing keracunan biasanya memiliki lidah yang kebiruan dan mengeluarkan air liur yang lebih banyak dari biasanya. Seperti yang sudah dibahas di atas, faktor keracunan bisa terjadi karena beberapa hal. Entah itu dari makanan ataupun dari benda-benda di sekitar kucing yang sebenarnya membahayakan. Usahakan Anda meletakkan benda-benda rawan keracunan jauh dari jangkauan.

Misalnya saja, jangan sampai kucing Anda meminum zat kima pembersih lantai. Selain itu, jauhkan dari tanaman yang mengandung racun karena biasanya kucing penasaran untuk mendekatinya. Setelah dibahas faktor dan ciri-ciri kucing bisa keracunan selanjutnya akan dibahas tentang cara mengatasi kucing yang keracunan. Kira-kira apa saja cara mengatasinya? Berikut akan dijabarkan:

  1. Mengidentifikasi Racun

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengidentifikasi zat atau apapun yang masuk ke dalam pencernaan kucing. Anda bisa memulai identifikasi dengan mengingat-ingat makanan atau benda apa yang dimakan kucing Anda. Hal tersebut akan lebih membantu Anda menentukan pertolongan yang tepat pada kucing. Jika Anda tidak tahu dan bingung, segera bawa kucing ke dokter hewan agar mendapatkan pertolongan pertama.

  1. Memberi Pertolongan Pertama

Jika Anda sudah mengidentifikasi dan menemukan penyebabnya, langkah kedua adalah mengenali gejala keracunan. Misalnya saja kucing Anda sering diare berikan pertolongan pertama dengan memberikan minum dengan porsi yang cukup dan berikan perawatan obat agar diarenya mereda. Selain itu Anda dapat mencoba memberikan susu atau air kelapa dan kuning telur.

Bahan-bahan tersebut sejatinya menetralisir racun untuk tersebar cepat ke seluruh tubuh. Jika kucing berontak, Anda dapat menggunakan pipet untuk memasukkan air penetral racun tersebut agar masuk ke pencernaannya. Dengan begitu, pertolongan pertama bisa segera dilakukan. Agar nantinya kucing bisa segera sehat kembali dan keracunan yang terjadi tidak semakin parah.

  1. Bawa Kucing Ke Area yang Udaranya Bagus

Kucing yang keracunan biasanya menunjukkan ciri-ciri susah bernapas dengan baik. Hal ini bisa menjadi hal sepele tapi penting Anda lakukan. Usahakan bawa kucing Anda pad area udara yang bagus dan bersih dengan pencahayaan yang memadai pula. Tetapi yang perlu diingat adalah jangan membiarkan kucing sendirian. Jika perlu awasi secara intensif kucing kesayangan Anda. Gunakan sarung tangan atau pakaian panjang agar menghindari keagresifan pada kucing saat terjadi keracunan.

  1. Segera Singkirkan Sisa Muntahan Racun yang Dikeluarkan

Langkah selanjutnya jika kucing Anda terindikasi keracunan Anda dapat segera menyingkirkan sisa muntahan yang terkontaminasi dengan racun. Ada baiknya Anda menggunakan pelindung agar terhindar dari dampak racun yang berbahaya.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: caesarjaco.co.id)


Post Terkait

Comments