Cara Mengatasi Anjing Yang Agresif

  1.   Membuat Rumah Anjing yang Aman

Jika Anda mempunyai anjing kesayangan dan menunjukkan sikap agresif Anda perlu membuat rumah anjing yang memenuhi standar pengamanan. Hal itu dilakukan agar anjing Anda yang agresif tidak membahayakan orang lain ataupun anjing lainnya. Periksalah pagar secara berkala untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja jika tiba-tiba terjadi kerusakan. Selain itu, perawatan yang kontinyu agar anjing tidak semakin depresi dan bertingkah agresif.

  1. Pasangkan Alat Pengaman pada Tubuh Anjing

Ketika Anda ingin mengajak anjing kesayangan jalan-jalan untuk bersosialisasi pastikan pengaman untuk anjing selalu Anda kenakan pada tubuh anjing. Hal tersebut untuk menghindari anjing Anda tiba-tiba menjadi agresif dan sulit dikendalikan. Anda bisa memasang tali rantai di leher untuk mengendalikan anjing kesayangan Anda. Jika dirasa perlu, Anda juga dapat memasangkan berangus atau muzzle. Pilihlah model muzzle yang sesuai dengan moncong anjing agar anjing Anda masih merasa nyaman.

  1. Pelatihan Desensitisasi

Pelatihan desensitisasi adalah pelatihan pada anjing yang bertujuan menunjukkan pada anjing hal-hal yang dia takuti dalam cara yang tidak intens. Teknik ini melatih anjing agar menjalani pelatihan secara pelan namun pasti. Awalnya memang anjing Anda akan sedikit frustrasi dan merasa ketakutan. Tetapi lama kelamaan proses pelatihan akan menunjukkan hasil. Jangan lupa beri hadiah jika latihannya menunjukkan peningkatan.

  1. Mencoba Memahami Perilaku yang Memicu Keagresifan Anjing

 Ketika Anda mempunyai anjing kesayangan atau di lingkungan Anda terdapat banyak anjing peliharaan Anda perlu mengantisipasi hal-hal yang dapat memicu keagresifan. Sebaiknya Anda
memahami perilaku yang dapat memicu keagresifan anjing dengan berbagai cara. Anda
bisa memikirkan mengenai apa yang memicunya. Misalnya, perilaku tersebut dapat
terjadi jika dia terancam atau merasa tidak aman. Ketika Anda sudah dapat
mengenali pemicunya, akan lebih mudah untuk melatih mengatasi rasa takutnya.

  1. Konsultasi kepada Ahli atau Dokter Hewan

Untuk meningkatkan keberhasilan latihan Anda bisa berkonsultasi pada ahlinya. Perilaku agresif disebabkan oleh banyak faktor. Jika Anda berkonsultasi, Anda dapat mengantongi
beberapa alternatif pencegahan yang lebih dapat berjalan maksimal. Selain itu,
Anda dapat meminta bantuan konsultasi tentang tips dan trik mengenali pemicu
keagresifan pada anjing. Misalnya saja, tips memahami psikis anjing dengan
melihat bahasa tubuh pada anjing.

Selain beberapa hal di atas, sebisa mungkin ubah lingkungan yang dapat memicu keagresifan anjing menjadi lebih parah. Jika Anda kesulitan melatih anjing karena memang membutuhkan  waktu yang relatif lebih lama, setidaknya Anda dapat mengubah lingkungan di sekitar anjing. Lingkungan yang kondusif dan aman dapat mengurangi tingkat keagresifan pada anjing. Misalnya saja, Anda membuat rumah anjing yang nyaman, makanan kesukaannya, dan interaksi yang intens antara majikan dengan anjing.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: caesarjaco.co.id)

 


Post Terkait

Comments