Cara Memotong Kuku Anjing

Penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan anjing peliharaan dengan memotong kukunya secara teratur.

Akan tetapi, banyak pemilik anjing menganggap bahwa memotong kuku anjing adalah hal menakutkan, apalagi jika anjing merasa tidak nyaman, cemas, hingga memberontak.

Namun, sebenarnya memotong kuku anjing adalah hal yang mudah asalkan tahu cara menanganinya.

Dilansir dari Good Housekeeping, Jumat (4/12/2020), berikut cara memotong kuku anjing dengan mudah dan nyaman.

Biasakan sejak kecil

Salah satu cara untuk memperkecil kecemasan anjing saat dipotong kukunya adalah mengenalkannya pada proses pemotongan kuku sejak usia dini. Selain itu teruslah membuat pemotongan kuku sebagai kegiatan dan asosiasi positif.

Menurut American Kennel Club, mulailah memegang kaki anjing Anda dan memotong kukunya saat dia masih kecil untuk membuatnya terbiasa dengan kegiatan ini dan merasa nyaman dengannya.

Ini akan membuat anak anjing cukup tenang dan duduk diam saat Anda memotong kukunya.

Jika anjing masih merasa cemas dan memberontak, Anda mungkin harus sejenak mengekangnya atau meminta bantuan anggota keluarga lain.

“Jika memungkinkan, mintalah bantuan untuk memotong kuku untuk membantu menahan hewan peliharaan Anda dengan lembut dan menawarkan camilan setelah Anda memangkas setiap kuku,” ujar Jennifer Freeman, dokter hewan dan pakar perawatan hewan peliharaan di PetSmart.

Memberikan camilan pada anjing, imbuh Freeman, akan membantu membuat pengalaman pemotongan kuku menjadi positif dan meredakan saraf yang kaku.

Dalam setiap langkah prosesnya, tawarkan camilan dan berikan pujian kepada anak anjing.

American Kennel Club juga mengusulkan pendekatan berulang untuk memotong kuku jika anjing Anda tidak terbiasa dengan prosesnya. Pada hari pertama, coba biarkan anjing mengendus pemotong kuku yang akan Anda gunakan.

Keesokan harinya, sentuhkan pemotong kuku dengan lembut ke setiap kaki bahkan sebelum mencoba memotong kuku. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa hari karena anjing sudah terbiasa dan kecemasan berkurang.

Cara memotong

Ambil satu kaki menggunakan ibu jari di bantalan jari kaki dan jari telunjuk di bagian atas jari kaki, singkirkan bulu apa pun yang menghalangi.

Kemudian, dorong ibu jari Anda pada bantalan dan jari Anda ke depan untuk menjulurkan kuku, sehingga terlihat, dan bersiaplah untuk memotong kuku. Potong kuku pada masing-masing kaki dengan arah urus.

Jangan lupa membersihkan dewclaw, yang terletak lebih jauh di sisi dalam tiap kaki.

“Saat memotong kuku, masukkan kuku ke dalam bukaan pada pemotong kuku dan pastikan tetap berada di bagian putih kuku. Area merah muda kuku adalah bagian yang hidup dan memiliki pembuluh darah dan ujung saraf di seluruh, yang disebut quick," jelas Freeman.

Itulah bagian yang dapat menyebabkan rasa sakit dan berdarah jika Anda mencabutnya.

Untuk anjing dengan kuku gelap atau hitam, coba temukan quick dengan melihat bagian bawah kuku anjing ke arah ujung.

"Kuku harus membentuk segitiga dengan dua permukaan luar. Area ini tidak memiliki quick sehingga pemilik hewan peliharaan dapat dengan nyaman memotong kuku," imbuh Freeman.

Bagaimana jika Anda tanpa sengaja memotong kuku terlalu pendek? Freeman mengatakan, jika ini terjadi, siapkan dan beri obat untuk segera menghentikan pendarahan.

Jagalah agar kuku anjing tetap rapi untuk menjaga kebersihannya, tetapi jangan merasa perlu memaksanya jika Anda tidak bisa sendiri dalam memotong kuku anjing.

"Anjing mungkin bereaksi berbeda terhadap pemilik hewan yang sedang memotong kukunya. Jadi, jika anjing Anda resisten, carilah perawatan atau dokter hewan untuk melakukannya," ungkap Freeman.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments