Bolehkan Anjing Menggunakan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya merupakan produk kulit yang wajib diaplikasi ke wajah dan kulit tubuh setiap harinya, terlebih ketika beraktivitas di luar ruangan atau terkena paparan sinar matahari.

Namun, bagaimana dengan anjing peliharaan? Apakah kulit anjing bisa terbakar sinar matahari? Bolehkan anjing peliharaan menggunakan sunscreen ketika beraktivitas di bawah sinar matahari? 

Melansir dari laman Rover, Minggu (13/6/2021), sama dengan manusia, sunscreen ternyata sama pentingnya bagi hewan peliharaan seperti anjing.

Bulu anjing berfungsi melindungi tubuh anjing dari berbagai benda atau hal-hal yang dapat membahayakan. Namun, bulu anjing tidak dapat menghalangi sinar matahari.

Bahkan, hanya terkena sinar matahari langsung dalam 30 menit dapat menyebabkan kulit terbakar untuk beberapa anjing. 

Terlebih, untuk beberapa bagian tubuh yang halus dan jarang terdapat bulu, paling rentan terhadap sengatan matahari, di antaranya hidung, telinga, dan perut. 

Selain itu, ada juga beberapa ras anjing yang lebih cenderung terbakar dan mengalami kerusakan kulit akibat sinar matahari. Misalnya, anjing berbulu putih dengan kulit pink membutuhkan perlindungan ekstra. 

Menurut Rumah Sakit Hewan Peliharaan Banfield, Amerika Serikat, beberapa ras anjing yang paling berisiko terbakar sinar matahari seperti Staffordshire terriers, Boxers, Bull terriers, Shorthaired pointers, juga Pitbulls. 

Sama dengan manusia, ciri-ciri kulit anjing yang terbakar sinar matahari akan memerah alis sunbrun. Tanda lain dari sengatan matahari pada kulit anjing meliputi rasa gatal, bulu rontok, dan kulit kering atau pecah-pecah, terutama di sekitar telinga.

Sunscreen khusus anjing

Dengan mengaplikasikan tabir surya, dapat melindungi kulit anjing dari dampak buruk paparan sinar matahari seperti dijelaskan di atas. Namun, sunscreen untuk anjing berbeda dengan manusia.

Tabir surya untuk manusia mengandung bahan kimia yang bisa beracun bagi anjing seperti seng oksida. Karena itu, hindari mengaplikasikan sunscreen manusia pada anjing.  

Di pasaran, terdapat pilihan sunscreen untuk anjing, tetapi tidak semuanya aman. Untuk itu, perlu hati-hati dan teliti memilih kandungan sunscreen yang aman bagi sahabat bulu Anda.

Aturan utama saat memilih sunscreen untuk anjing adalah memilih produk yang diformulasikan khusus untuk anjing. Selain itu, sunscreen untuk anjing harus menawarkan tingkat perlindungan tinggi. 

Ada beberapa kandungan yang perlu dihindari dan dipilih saat memilih sunscreen untuk anjing. Pertama, pewangi. Pewangi tambahan dapat mengiritasi kulit anjing. Jadi, carilah tabir surya yang diformulasikan tanpa pewangi.

Kedua, tahan air. Anda ingin memastikan kulit anjing terlindungi, bahkan ketia hewan berbulu itu berenang, carilah sunscreen tahan air yang menawarkan tingkat perlindungan tinggi.

Ketiga, perlindungan UVA dan UVB. Bila menginginkan sunscreen spektrum penuh yang melindungi kulit anjing dari semua sinar UV berbahaya, pilih tabir surya yang menawarkan perlindungan UVA dan UVB.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments