Bambino, Ras Kucing Kerdil dan Tanpa Bulu

Bambino adalah ras kucing eksperimental kontroversial yang merupakan persilangan antara kucing Sphynx yang tidak berbulu dan kucing Munchkin berkaki pendek.

Kucing Bambino merupakan ras kucing yang baru sehingga belum terlalu banyak yang diketahui tentang kucing satu meski perkembangannya telah menimbulkan banyak kontroversi. 

Penggemar kucing menyukai kucing Bambino karena kepribadian kucing ini yang dikenal ceria, energik, dan penuh kasih sayang.

Untuk mengenal lebih jauh, berikut beberapa fakta kucing Bambino dikutip dari kanal YouTube Kitten Life, Jumat (3/9/2021).

Sejarah kucing Bambino

Anak kucing Bambino pertama secara resmi terdaftar pada 2005 setelah Stephanie dan Pat Osborne mengawinkan kucing Sphynx yang tidak berbulu dengan kucing Munchkin berkaki pendek.

Nama kucing itu diterjemahkan menjadi "baby", yang dalam bahasa Italia memberi penghormatan kepada ukurannya yang kecil dan kekanak-kanakan.

Sebagai ras kucing campuran yang relatif baru, sejarah Bambino masih terus dikembangkan. Bambino secara resmi diakui sebagai ras kucing baru oleh International Cat Association pada 2006.

Suka bermain dan ramah 

Bambino adalah kucing mini, yang terkadang disebut ras kerdil. Bambino merupakan salah satu kucing ramah dan mudah bersosialisasi. 

Kucing ini sangat mudah membentuk ikatan dengan manusia dan ramah kepada anak-anak, tetapi membutuhkan banyak perhatian dan waktu. 

Secara alami, kucing Bambino suka bermain dan menjelajahi setiap sudut lingkungan mereka. Karena itu, disarankan memiliki rumah cukup besar untuk memuaskan naluri bermain kucing ini.

Selain itu, memiliki banyak mainan setidaknya satu pohon kucing untuk menambah variasi pada sesi bermain.

Memiliki bulu yang sangat pendek dan halus 

Ciri khas kucing Bambino adalah perawakannya yang pendek dan tanpa bulu. Sebetulnya, sama dengan kucing Sphynx, kucing Bambino memiliki bulu. Hanya saja, bulunya sangat pendek sehingga membuatnya terlihat tanpa bulu.

Selain itu, bulu kucing Bambino juga sangat halus seperti suede. Bambino menghasilkan lebih sedikit bulu daripada ras kucing berbulu lainnya sehingga beberapa orang dengan alergi bulu kucing ringan dapat mentoleransi berada di sekitar kucing ini.

Kucing yang terlihat keriput ini mempunyai berat badan yang kecil rata-rata antara 2,2 sampai empat kilogram. Selain itu, usia rata-rata ras kucing Bambino adalah antara sembilan sampai 15 tahun.

Masalah kesehatan kucing Bambino

Ada banyak bukti yang menyebut bahwa masalah kesehatan yang dialami kucing Bambino telah diwariskan dari kucing Sphynx dan kucing Munchkin. Berikut ini masalah kesehatan yang dialami kucing Bambino.

  • Masalah kulit

Kurangnya bulu dan kulit yang terlalu berminyak membuat sebagian besar ras kucing Bambino berpeluang lebih besar untuk mengembangkan kondisi kulit bakteri atau infeksi. 

  • Lordosis (punggung bawah melengkung ke dalam)

Ini adalah kondisi yang dapat terjadi pada kucing mana pun, tetapi telah terbukti lebih umum dialami kucing Munchkin berkaki pendek sehingga kucing Bambino juga rentan mengalami masalah kesehatan ini. 

Lordosis membuat tulang belakang terlalu melengkung ke dalam. Hal ini memberi tekanan pada beberapa organ vital sehingga bisa berakibat fatal dalam beberapa kasus. 

  • Pektus ekskavatum (dada cekung)

Ini adalah masalah kesehatan yang telah terbukti lebih umum dialami kucing Munchkin.
Pektus ekskavatum atau dada cekung adalah kondisi tulang dada cekung ke dada.

Kucing dengan masalah ini dapat memiliki prognosis karena dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka.

Ini dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk masalah pernapasan, kehilangan nafsu makan, juga penurunan berat badan.

Diet dan nutrisi

Semua ras kucing perlu diberi makan makanan berkualitas, termasuk kucing Bambino. Makan untuk ras kucing ini harus mengandung protein tinggi yang khusus dikembangkan untuk kucing.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments