Anjing Membenci Pengantar Paket, Mitos atau Fakta

Dalam beberapa film, anjing digambarkan sangat membenci tukang tukang pos atau pengantar paket. 

Hal ini pun diakuin sebagian besar pemilik anjing di dunia nyata. Banyak sahabat bulu suka menggonggong pada tukang pos, entah karena takut, agresif, atau menginginkan  camilan lezat.  

Lantas, betulkah anjing benar-benar membenci tukang pos?

Dilansir dari Hepper, Jumat (28/10/2022), anjing secara alami sangat teritorial dan sebagian besar ingin memperingatkan Anda jika ada penyusup.

Meski tukang pos tidak datang ke rumah, mereka cukup dekat sehingga membuat anjing peliharaan khawatir. Akibatnya, anjing berperilaku "gila" atau agresif. 

Anjing melakukan ini karena mereka mengenali tukang pos dan melihatnya kembali berulang kali. Untuk menakut-nakuti tukang pos agar tidak kembali lagi, anjing menggonggong keras dan lebih agresif.  

Namun, tidak semua anjing membenci tukang pos. Beberapa anjing benar-benar bersemangat ketika bertemu tukang pos, terutama anjing yang mencintai orang dan telah diperkenalkan kepada tukang pos satu lawan satu.

Beberapa anjing mungkin benar-benar menggonggong karena merasa senang melihat tukang pos, terutama jika anjing mengasosiasikan tukang pos dengan hadiah atau mainan potensial. 

Gonggongan anjing tersebut mengartikan bahwa mereka merasakan kegembiraan, bukan kebencian. 

Setelah anjing mengenal tukang pos, mereka tidak lagi menganggapnya sebagai penyusup, yang akhirnya membuat anjing tidak lagi membenci tukang pos.

Meski demikian, tukang pos dan pengantar barang berisiko lebih tinggi digigit anjing. Faktanya, ribuan pekerja pos digigit atau diserang anjing-anjing pemilik rumah saat bekerja.  

Namun, harus diakui anjing sangat pintar dan memiliki kemampuan mengenali wajah dan seragam. Tak heran, bila anjing mengenali tukang pos yang mengantar surat dan barang ke rumah. 

Setiap kali pekerja pos yang berbeda mengirimkan surat ke rumah Anda, anjing peliharaan mungkin akan merespons secara berbeda karena menyadari bahwa itu bukan pekerja yang sama. 

Jadi, anjing membenci tukang pos atau pengantar paket hanyalah mitos. Anjing hanya berusaha menjaga rumah dan pemiliknya dari orang asing atau penyusup. Anjing menganggap tukang pos adalah orang asing. 

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments