Alasan Kucing Suka Menggigit

 Sama halnya seperti manusia, kucing juga dapat mengekspresikan perasaannya melalui suara dan tindakan, seperti mengeong, menggosokan kepalanya, hingga menggigit.

Namun, dilansir dari laman resmi Purina, Selasa (30/3/2021), penting untuk dipahami jika kucing menggigit tidak selalu dilakukan karena mereka agresif atau marah.

Kucing adalah predator alami, dan tindakan yang tampaknya agresif seperti menggigit, menerkam, dan mencakar merupakan bagian besar dari permainan mereka. Membiarkan dan mendorong naluri alami ini penting bagi kucing, tetapi ada garis tipis antara terlibat dalam permainan yang merangsang dan membiarkan perilaku agresif.

Kenapa kucing menggigit?

Ada banyak alasan mengapa kucing menggigit dan penting untuk memahami apa yang coba dikomunikasikan kucing Anda dengan menggigit. Mereka mungkin mencoba berkomunikasi dengan pemiliknya.

Seringkali, ketika kucing menggigit, mereka mencoba memberi tahu Anda bahwa mereka tidak menikmati kontak yang mereka terima saat ini.

Untuk kucing, ada batasan yang sangat tipis antara penanganan yang menyenangkan dan belaian yang menjengkelkan.

Kucing menggigit saat dielus

Salah satu keluhan paling umum dari pemilik kucing adalah perubahan sikap yang tiba-tiba yang dapat terjadi selama mengelus. Satu detik kucing mungkin menyukai perhatiannya, saat berikutnya mereka menggigit jari.

Sulit untuk mengetahui kapan kucing sudah muak membelai, tetapi belajar membaca bahasa tubuh kucing akan membantu Anda mengetahui kapan gigitan mungkin akan datang. Anda mengurangi kemungkinan dia menggigit lagi dan membiarkan kucing Anda melakukan hal mereka sendiri, daripada memaksakan membelainya.

Kucing menggigit saat bermain

Kucing sering menggigit saat bermain karena mengekspresikan naluri berburu alami. Anda dapat mencegah perilaku tersebut dengan memuji mereka untuk permainan lembut selama sesi ikatan.

Kapan pun kucing Anda bermain menggunakan cakarnya, tetapi tidak menggunakan cakar atau giginya, beri ia banyak kasih sayang dan hadiah atau camilan.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: kompas.com)


Post Terkait

Comments