Agar Para Anjing Tetap Akur saat Berada di Rumah

Untuk mereka para pecinta anjing, mungkin bisa memelihara lebih dari satu anjing di rumah.

Hal ini tentu bisa memicu konflik antara individu anjing. Tak mudah memang memelihara dua anjing atau lebih jika mereka tinggal satu atap.

Untuk kamu yang sedang mengalami hal ini, ada beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk membuat anjing tetap damai di dalam ruangan.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat dua anjing atau lebih bisa hidup berdampingan seperti dilansir dari Cuteness, Kamis (2/9/2021).

  1. Pedoman untuk menghindari konflik

Menurut laporan Research and Markets 2017 "Tren Populasi dan Kepemilikan Hewan Peliharaan di AS," 105 juta orang Amerika memiliki anjing, dan sebagian besar anjing memiliki teman anjing mereka sendiri.

Selain itu, mereka melaporkan bahwa rumah tangga dengan banyak anjing tumbuh pada tingkat yang lebih cepat daripada segmen pasar hewan peliharaan lainnya.

Mengelola rumah tangga dengan anjing lenih dari satu bukanlah hal yang mudah dan seringkali membutuhkan banyak pekerjaan untuk membuatnya tetap berjalan dengan lancar.

Tapi jangan khawatir, kamu juga bisa mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk memfasilitasi hubungan antara anjing agar bisa terjalin dengan harmonis.

Berikut adalah beberapa kunci terpenting untuk rumah multi-anjing yang bahagia secara singkat:

  • Anjing-anjing dalam kawanan harus dimandulkan dan dikebiri.
  • Anjing bisa saja berkelahi karena stres, jadi ciptakan lingkungan yang bebas stres untuk mereka.
  • Pelajari tentang bahasa tubuh anjing.
  • Ketahui perintahmu dan latih anjing setiap hari untuk memperkuat perilaku mereka.
  • Bersikaplah tenang dan sabar.
  • Peringatan anjing tentang perilaku menggigit sejak awal.
  • Berikan perhatian, waktu bermain, olahraga, dan stimulasi mental yang memadai baik secara individu maupun kelompok.
  • Jangan berikan kamar terpisah untuk musuh bebuyutan karena pemisahan justru akan menjadi bumerang. Satukanlah mereka dan pelan-pelan biarkan mereka bersosialisasi.
  • Tetapkan waktu makan malam dan etika sebelum tidur.
  • Daftarkan anjing ke pelatihan khusus.

Mempelajari bahasa tubuh anjing sangat diperlukan terutama ketika kamu memiliki anjing lebih dari satu.

Dengan mengetahui kapan anjing sedang santai, sedang takut, agresif dan stres hingga terteka, akan memudahkan kamu untuk memutuskan apa yang harus dilakukan agar konflik tidak terjadi.

  1. Hindari stres dan berebut

Seiring dengan stres, berebut apa saja bisa memicu konflik antar anjing.

Untuk itu pastikan masing-masing anjing memiliki tempat tidur, mainan, mangkuk makanan dan air mereka sendiri.

Selain itu perlakukan dan beri mereka kasih sayang yang sama dan setara agar anjing tak merasa tersisihkan.

Jika anjing tidak suka dengan kandangnya, kamu bisa memberi makan di kamar terpisah, atau setidaknya di area terpisah, untuk menghindari pembagian makanan yang tidak disengaja atau pencurian.

  1. Pelatihan dan perintah penting

Anjing yang terlatih dan berperilaku baik yang secara teratur menerima pelatihan dengan baik. Hal ini sangat penting untuk menjaga keharmonisan antar anjing yang tinggal satu atap.

Ajari anjing untuk mengantre sehingga ketika jamu keluar untuk jalan-jalan kelompok, mereka tidak saling berebut

Mengantre juga berfungsi untuk memasuki kendaraan satu per satu, memberikan camilan, dan berguna untuk lebih banyak situasi yang muncul dalam rumah tangga dengan anjing lebih dari satu.

Ajarkan anjing kata "cukup" yang merupakan cara yang baik untuk mengatakan berhenti melakukan apa yang sedang mereka lakukan saat itu juga. Perintah sederhana ini sering digunakan dalam rumah tangga dengan anjing lebih dari satu.

Gunakan waktu bermain untuk mengasah keterampilan kepatuhan anjing, membuat penguatan positif terasa menyenangkan sekaligus menghibur.

Tambahkan pelajaran baru sesering mungkin untuk membuat anjing tetap terlibat dan bersemangat tentang apa yang mereka pelajari.

  1. Berurusan dengan masalah perilaku

Ketika salah satu anjing menolak untuk bergaul dengan satu atau lebih anjing lain di dalam kawanan, ini tentu sulit.

Tetapi, alih-alih mengasingkan anjing bermasalah di ruangan terpisah, kamu perlu memperbaiki perilaku dengan penguatan positif dan teknik bersosialisasi dengan anjing atau anjing yang bermasalah dengannya.

  1. Memisahkan saat terjadi pertengkaran

Bahkan kawanan anjing yang paling seimbang pun terkadang bertengkar. Jika pertengkaran anjing meletus, segera ambil alih, alihkan perhatian anjing, dan hentikan dengan cepat, sambil tetap tenang dan tidak berteriak.

Hal yang harus kamu lakukan berikutnya adalah membiarkan anjing bersantai di ruangan terpisah. Ini akan berhasil jika pertengkaran terbilang kecil.

Namun jika perkelahian besar, perpisahan justru akan memperbesar konflik, yang mungkin bisa berubah menjadi obsesi, dan membuat pertarungan yang berpotensi kekerasan segera terjadi ketika mereka bertemu lagi.

Tapi jika perkelahian anjing yang terjadi tampak serius, ini adalah masalah yang rumit dan perlu ditangani dengan tepat.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menghubungi pelatih anjing profesional atau konsultan perilaku anjing dan mencari solusi yang efektif.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)

 


Post Terkait

Comments