Yang Harus Dilakukan Saat Musang Tak Mau Makan

Seperti halnya hewan pelihraan lain, musang pun bisa mogok makan. Tak berselera menyantap makanan, jika dibiarkan, akan berdampak butuk bagi hewan peliharaan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar msuang kembali berselera makan.

  1. Jika sebab sembelit

Hewan musang peliharaan yang mengalami sembelit biasanya memang berkurang nafsu makannya. Hewan musang peliharaan yang sembelit biasanya mengalami penurunan nafsu makan sebab rasa sakit di perut.

Hewan musang peliharaan yang sedang sakit seperti sembelit atau sakit perut umumnya akan mengurangi nafsu makan hewan musang peliharaan tersebut. Seperti halnya manusia yang sedang sembelit akan membuat malas makan dan hampir tidak ingin makan sama sekali. 

  1. Jika karena sakit

Penyakit pada hewan musang peliharaan biasanya didominasi karena cuaca yang buruk dan terlalu gemuk. Dua  hal ini biasanya menjadi alasan utama musang peliharaan tidak mau makan.

Selain itu, juga karena musang sedang sakit atau hewan musang peliharaan sedang tidak enak badan. Jika ini yang terjadi, sehingga sobat sembuhkan penyakitnya terlebih dahulu.  (Baca juga mengenai cara memelihara musang pandan)

  1. Karena musang bosan

Dalam beberapa kasus, musang peliharaan mengalami tidak mau makan sebab dia bosan dengan makanan yang diberikan. Cara mengobati hewan musang peliharaan yang tidak mau makan karena jenuh dengan makanannya adalah dengan mengganti ganti makanan yang diberikan secara teratur.

Misalnya, Anda dapat memberikan makanan berupa buah buahan seperti pisang dan pepaya matang kepada hewan musang peliharaan setiap hari senin hingga jumat, memberikan kepala ayam rebus setiap hari sabtu, dan memberikan nasi dengan kecap setiap hari minggu. 

  1. Karena musang kegemukan

Obesitas atau kegemukan pada hewan musang peliharaan juga kadang meyebabkan hewan musang peliharaan enggan untuk makan dikarenakan sesak pada perut hewan musang peliharaan yang dikarenakan timbunan lemak yang berlebihan pada hewan musang peliharaan juga dikarenakan gagal jantung pada hewan musang peliharaan.

Jika kondisinya sudah seperti ini ada baiknya sobat melakukan diet pada hewan musang peliharaan sobat agar tidak lebih parah. Hindari makanan yang terlalu berlemak. Berilah makanan yang berbeda beda setiap harinya agar hewan musang peliharaan terhindar dari obesitas dan tentu saja hal ini juga dapat menghindari hewan musang peliharaan yang tidak mau makan.

  1. Menyuapi musang

Berikan minyak ikan sesuai dengan takaran saji yang direkomendasikan pada bungkus produk. Agar manfaat minyak ikan dapat sepenuhnya terserap, berilah minyak ikan secukupnya dan jangan berlebihan sebab yang berlebihan itu tidak baik.

  1. 6. Berikan paha ayam

Strategi sobat selanjutnya untuk menambah nafsu makan hewan musang peliharaan adalah dengan memberikan kepala ayam yang sudah dimasak. Kenapa kepala ayam sobat? Hewan musang peliharaan cenderung suka dengan makanan yang berbau amis dan berdaging.

Kepala ayam dipilih sebab selain harga yang murah, kepala ayam juga mudah didapat. Pemberian kepala ayam pada hewan musang peliharaan cukup mudah dilakukan yakni dengan cara merebus terlebih dahulu kepala ayam dan berikan dengan taburan sedikit garam agar hewan musang peliharaan lahap memakan kepala ayam tadi.

  1. 7. Hindari memberikan daging mentah

Untuk perhatian jangan biarkan hewan musang peliharaan memakan daging mentah sebab jika hewan musang peliharaan diberikan daging mentah naluri liarnya akan tumbuh kembali.

Itulah tujuh tips yang bisa Anda lakukan untuk musang kesayangan Anda. (aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments