WORLD VETERINARY DAY 24 APRIL 2021

Hari ini, Sabtu, 24 April 2021, dunia, khususnya Profesi Dokter Hewan, merayakan WORLD VETERINARY DAY (WVD). Tema WVD tahun ini adalah “ The Veterinarian Responses to The Covid-19 Crisis“

 Perayaan WVD diputuskan oleh World Veterinary Association (WVA) pada tahun 2000.  WVA menyatakan perlu adanya „Hari“ yang didedikasikan untuk merayakan Profesi Dokter Hewan dan menetapkan  hari Sabtu terakhir di bulan April setiap tahun sebagai WVD.

 Bulan April ditetapkan berkaitan dengan inisiatif Prof. John Gamgee (College of Edinburgh, UK) yang mengundang Profesor dari Kedokteran Hewan dan Dokter Hewan dari semua negara di Eropa dalam Pertemuan Umum (General Meeting) di Hamburg, Jerman pada tanggal 14-18 Juli 1863.  Pertemuan ini dikenal sebagai “The First International Veterinary Congress” yang selanjutnya menjadi “ The World Veterinary Congress”.

 Tujuan utama pertemuan tersebut adalah mendiskusikan sistem “memerangi” penyakit epizootik, khususnya penyakit Rinderpest, dan merancang peraturan perdagangan sapi, serta merekomendasikan kepada seluruh negara di Eropa untuk mengadopsi peraturan tersebut. 

 Rinderpest memang bukan penyakit yang mengancam kesehatan manusia, tetapi Rinderpest sebagai penyebab kematian pada sapi (penyebaran meluas dan cepat)  telah  menyebabkan kelaparan pada manusia yang akhirnya mengakibatkan kematian manusia.

 Pada tahun 2011, Rinderpest dideklarasi telah berhasil dieliminasi secara global melalui vaksinasi dan menjadi penyakit hewan pertama yang berhasil dieliminasi. Ini menjadi sejarah keberhasilan Profesi Dokter Hewan.

 Dunia sangat membutuhkan peran aktif Profesi Dokter Hewan. Bukan karena hewan-hewan membutuhkan Dokter, melainkan karena Dokter Hewan adalah „tipe” individu yang tidak mementingkan diri sendiri (selfless), penuh perhatian, dan penuh kasih sayang, serta tidak pernah berhenti untuk senantiasa memastikan hewan-hewan pelihara Anda dalam keadaan sehat.

 HAPPY WORLD VETERINARY DAY untuk semua Dokter Hewan di dunia ❤️

 


Post Terkait

Comments