Waktu yang Tepat Memacakkan Anjing Peliharaan

Banyak pemilik anjing atau breeder yang sering mengalami kegagalan dalam memacakkan anjingnya. Sudah dipacak atau dikawinkan tetapi tidak bunting. Ada teori yang menyebutkan, waktu yang tepat untuk pemacakan adalah pada hari ke-9 sampai ke-14 dari hari pertama masa loops.

Teori ini dapat digunakan jika hari pertama anjing betina loops benar-benar dapat diketahui oleh sang pemilik. Tidak semua anjing betina dapat dideteksi hari pertama loopsnya. Alat kelamin anjing betina akan mengalami pembengkakan dan mengeluarkan darah pada saat anjing mengalami loops atau menstruasi.

Adakalanya anjing betina yang sedang loops tidak mengeluarkan darah pada hari pertama tetapi alat kelaminnya mengalami pembengkakan terlebih dahulu. Ada juga, anjing betina yang sedang loops hanya mengeluarkan darah sedikit saja sehingga darah tidak ada yang menetes dari alat kelaminnya. Dalam beberapa kasus, malah tidak mengeluarkan darah alias loops kering.

Ada tips menetapkan waktu yang tepat untuk pemacakan jika kita tidak mengetahui hari pertama anjing tersebut mulai loops.

1. Ada dapat membawa anjing betina tersebut ke dokter hewan untuk diambil cairan darah yang keluar dari alat kelaminnya untuk diperiksa dibawah mikroskop. Seorang dokter hewan yang berpengalaman dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk pemacakan atau masa subur dari sample darah yang diambil.

Sekarang sudah tersedia alat khusus untuk mengetahui masa subur anjing betina, tetapi alat ini harus digunakan oleh orang yang berpengalaman seperti dokter hewan karena alat ini harus dimasukkan kedalam vagina anjing.

2. Kita dapat mengetahui kapan anjing betina anda mulai subur atau siap dikawinkan dengan melihat perilaku dari anjing tersebut. Anjing betina yang sudah masuk masa subur akan selalu menyodorkan tubuh bagian belakangnya untuk anda belai.

Anda dapat juga mencolek bagian tubuh sekitar alat kelaminnya. Jika masa subur sudah tiba, anjing betina akan melipat ekornya kebagian samping kiri atau kanan. Hali ini dilakukan agar anjing jantan dapat mudah melakukan perkawinan (penetrasi).

3. Gunakan anjing jantan untuk mengetahui apakah anjing betina anda sudah siap dipacak. Jika masa subur sudah tiba, biasanya anjing jantan akan lebih giat lagi untuk mendekati anjing betina. Anjing betina pun akan lebih jinak jika didekati dan di"naiki" oleh anjing jantan.

Hanya saja, hati-hati dan harus dengan pengawasan ketat jangan sampai terjadi perkawinan jika anda menggunakan cara ini tapi anda tidak mau anjing betina anda kawin dengan anjing jantan yang hanya digunakan sebagai media test.

Semoga bermanfaat. (aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments