Tips Merawat Kitten untuk Catlovers

Memelihara kucing sejak bayi (kitten) memang memiliki daya tarik tersendiri. Namun, sebenarnya merawat kitten justru lebih merepotkan lho. Terlebih banyak catlovers yang memelihara kitten tanpa induknya. Inilah yang menjadi tantangan bagi kamu bukan? Kenapa dikatakan lebh susah merawat? Ini karena kitten harus mendapatkan perhatin lebih.

Anda pasti sangat memanjakan kitten karena dirasa butuh perhatian lebih. Tapi sebenarnya ini tidak baik lho. Justru catlovers yang memelihara kitten harus membiasakan mereka untuk mandiri dengan cara mengajarkan keterampilan untuk dapat bertahan hidup.

Sebaiknya kamu membiarkan induk kucing merawat sendiri anaknya. Jadi, tugas kamu hanya perlu memerhatikan. Tapi, jika kamu melihat perawatan yang dilakukan oleh sang induk terasa aneh, barulah kamu dapat bertindak untuk memberikan perawatan pada kitten.

Dengan membiasakan mereka hidup bersama induknya, akan membangun karakter kucing yang bisa hidup tanpa campur tangan manusia. Kitten akan tumbuh menjadi kucing yang mandiri. Hal ini akan berguna jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus si meong.

Berikut beberapa hal penting yang perlu catlovers perhatikan jika memelihara kitten.

Penyakit

Sama halnya seperti manusia, kitten akan lebih rentan terserang penyakit. Nah, karena itulah mereka lebih memerlukan nutrisi yang berguna menjaga daya tahan tubuh. Nutrisi yang diperlukan adalah zat kolostrum yang bersumber dari air susu induk kucing.

Bagi induk kucing yang tidak dapat mengatur pola makan yang baik saat hamil, akan berpengaruh terhadap jumlah air susu yang dihasilkan. Biasanya hal ini terjadi kepada induk kucing yang masih terlalu muda. Oleh karena itu, pola makannya harus dijaga sedemikian baik dimulai pada saat induk kucing mengandung. Kitten yang tidak mendapatkan banyak asupan susu akan retan terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Berat badan anak kucing baru lahir

Banyak faktor yang berpengaruh terhadap berat badan kitten, bisa jadi induk kucing hanya mengandung kurang dari 60 hari (normalnya 63 hari ke atas), berapa lama proses pengeluaran bayi saat lahiran, dan biasanya kucing akan melahirkan 3—4 anak dalam satu fase dengan berat normal anak kucing 500 gram.

Berat badan saat kitten bertumbuh

Setelah berumur beberapa hari, kitten normal akan memiliki berat badan 2 kali lipat lebih berat dari awal mereka lahir. Kitten akan bertambah berat 400 gram dalam satu minggu juga bergantung dari jumlah air susu yang bisa diproduksi induk kucing.

Mata bayi kucing

Kitten yang baru saja lahir matanya akan tertutup selama 5—10 hari. Mata adalah salah satu indra yang sensitif untuk kitten. Terlalu cepat menerima cahaya matahari bisa membuat mata mereka buta. Oleh karena itu, kita perlu waspada jika sejak lahir mata kitten tidak tertutup.

Perawatan tambahan

Pastikan tempat yang ditiduri kitten bersih dan cukup hangat. Berikan pula makanan khusus untuk kitten.

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: catlovers.id)


Post Terkait

Comments