Tips Merawat Anak Anjing Tanpa Induk

Hampir sama dengan kucing, dimana untuk hewan anjing menjadi salah satu peliharaan paling banyak diurus oleh masyarakat luas. Hewan khas dengan gonggongannya ini mudah dilatih dan bisa bersahabat baik dengan pemiliknya sekaligus menjadi pelindung yang cukup aman di rumah atau mungkin di luar sekalipun.

Dan hewan ini juga bertipe mamalia, sehingga ketika masih kecil alias baru lahir tentu saja masih terlihat polos dan lucu. Disayangkan, kalau hewan ini harus terlahir tanpa induk atau mungkin dewasa tanpa induk, sehingga anda sebagai pemilik perlu terapkan cara merawat anak anjing tanpa induk berikut ini.

  1. Mempersiapkan Kandang

Hal pertama yang bisa anda siapkan untuk melakukan perawatan terhadap anak anjing ini yaitu tempat khusus dimana harus dibuat nyaman baginya. Anda bisa membuat kandang atau tempatnya sederhana, kotakan tanpa atap di tempat yang teduh sekitaran rumah, dengan alas kain-kain lembut.

Ini bertujuan agar anak anjing tidak terlalu bebas bermain dimana malah bisa membahayakan dirinya sendiri, lantaran masih belum bisa sigap dalam menangani bahaya yang mengancam. Dengan adanya kandang yang nyaman, jelas saja anak anjing akan lebih tenang.

  1. Membersihkan Anak Anjing

Walaupun sebenarnya sudah berada di kandang dan juga anak anjing tidak pernah keluar rumah, anda juga tetap harus memperhatikan kebersihannya, mulai dari kuku, gigi, mata, hingga bulu dalam waktu yang rutin.

Anda bisa melakukan pemeriksaan kebersihan pada anak anjing setidaknya seminggu sekali, dan alangkah lebih baik jika anda memperhatikan penampilannya dengan baik atau bisa juga mengarahkannya ke salon hewan untuk mendapatkan perawatan lebih maksimal.

  1. Berikan Kehangatan

Dikarenakan bulu masih tidak terlalu tebal, maka anda harus memberikan kehangatan yang cukup terhadap anak anjing. Biasanya mereka akan bersandar dan mengumpul di sekitaran indukan untuk menghangatkan tubuhnya, namun kali ini sang induk yang berperan penting malah tidak ada.

Akan tetapi jangan khawatir, karena anda bisa menggantinya dengan kain yang lembut dan tebal. Dan anda bisa memboyong kandang atau tempatnya ke bagian luar rumah untuk melakukan penghatan di pagi hari, karena itu baik untuk kesehatan dan pertumbuhan.

Sedangkan ketika malam hari, anda bisa memberikan selimut terhadap anak anjing ketika hendak tidur, dikarenakan cuaca malam hari bisa jadi lebih rendah jika dibandingkan dengan di siang hari, dan itu akan menjadikan anak anjing kedinginan.

  1. Persiapkan Tempat Bermain yang Aman

Tanpa induk, jelas saja menjadikan anda sedikit lebih repot dibuat anak anjing, namun kalau mampu memberikan perawatan yang baik tentu ini malah akan menjadi menyenangkan. Karena tidak ada pengawasan sang induk, maka anda bisa memberikan tempat bermain yang aman untuknya.

Misalnya saja seperti taman, dimana anda bisa mempersiapkan taman yang dipenuhi rumput hijau dan tetumbuhan bunga tanpa duri untuk tempat bermain bagi anak anjing. Dan kalaupun di dalam rumah, harus dijauhkan dari benda tajam, mudah pecah, atau bisa menyakiti bagi sang anak anjing itu sendiri.

  1. Membersihkan Tempat Beristirahat

Cara merawat anak anjing tanpa induk selanjutnya yakni membersihkan tempatnya, sehingga bisa digunakan dengan nyaman lagi ketika anak anjing kembali nantinya. Anda bisa membersihkannya ketika anak anjing tengah bermain di tempat yang disediakan tadi.

Dan ketika sudah merasa lelah dan ingin kembali, maka mereka akan mendapatkan tempat yang sudah bersih dan lebih nyaman. Lebih penting lagi, terbebas dari bakteri.

  1. Kasih Susu Formula

Terakhir dalam teknik perawatan anak anjing tanpa induk yaitu memberikan susu formula yang berkualitas dan aman. Hal itu dikarenakan anak anjing yang masih baru lahir ini tidak bisa dikasih makanan berat terlebih dahulu, cenderung ke minum susu saja setiap harinya.

Penggunaan susu formula untuk anak anjing ini sebagai pengganti nutrisi yang seharusnya diberikan oleh induk anjing secara langsung. Anda bisa menyusukannya menggunakan dot bayi dengan bentukan lubang yang lembut.

Dan penggunaan susu formula ini tidak diperkenankan menggunakan susu sapi, melainkan bisa menggunakan susu kambing saja. Hal ini dikarenakan susu sapi memiliki kandungan latkosa yang banyak, sehingga malah bisa berdampak buruk terhadap anak anjing.

Selamat mencoba. (aks/berbagai sumber)

 


Post Terkait

Comments