Tips Memelihara Anjing Herder

Jika dilihat sepintas hewan ini memang terlihat sangar. Tubuhnya panjang dan berotot. Meskipun demikian anjing ini pada dasarnya memiliki karakter yang bagus yaitu berani dan tidak kenal takut, waspada, cerdas, setia pada tuannya, serta memiliki naluri melindungi yang kuat. Dengan perawatan dan pelatihan yang benar maka ia dapat menjadi hewan peliharaan dan hewan penjaga yang baik.

Anjing herder sebaiknya dirawat dan dilatih dari kecil sehingga ketika dewasa mental dan fisiknya sudah terlatih, lebih tenang, dan stabil. Anjing herder yang suka menyerang dan agresif biasanya disebabkan oleh penanganan dan pelatihan yang keliru atau kurang dilatih ketika masih muda.

Untuk mengendalikan anjing herder diperlukan tuan yang tenang, konsisten, dan tegas sehingga dapat melatih fisik dan mentalnya dengan baik serta mengendalikan anjing herder agar tetap stabil. Agar herder peliharaan anda tumbuh sehat dan terlatih baik fisik maupun mental silahkan simak 15 cara memelihara anjing herder berikut yang telah dirangkum oleh arenahewan.com.

  1. Berikan ia kandang atau tempat tinggal khusus

Agar anjing peliharaan anda merasa aman dan nyaman berikanlah ia kandang sebagai tempat dtinggalnya. Ini sangat penting terutama ketika anda sedang bepergian dan anjing anda ditinggal di rumah sendirian. Dengan adanya kandang akan membuat ia merasa nyaman dan aman. Selain itu penggunaan kandang juga dimaksudkan untuk mencegah anjing buang air sembarangan. Anda tentu tidak ingin melihat kotoran anjing berserakan di sekitar rumah. Hal ini setali tiga uang dengan memudahkan anda melatih kedisplinan pada anjing anda serta patuh terhadap aturan yang anda terapkan pada anjing kesayangan anda.

  1. Bersihkan kandangnya secara rutin

Agar anjing anda tetap sehat dan terhindar dari infeksi kuman-kuman penyakit rutinlah membersihkan kandangnya setiap 2 hari sekali. Untuk memudahkan anda saat membersihkan buatlah kandangnya dari bahan aluminium. Membersihkan kandang anjing secara rutin juga mampu membuat anjing anda nyaman dan betah di dalam kandang. Yang perlu diketahui bahwa anjing herder adalah salah satu anjing yang sensitif akan kebersihan, berbanding terbalik dengan perawakannya yang sangar. Oleh karena itu, penting bagi pemilik anjing jenis ini memperhatikan kebersihan baik fisik anjing juga lingkungan sekitarnya.

  1. Berikan makanan bernutrisi

Agar anjing herder peliharaan anda tumbuh sehat dan baik maka berikanlah ia makanan yang bernutrisi. Jangan mentang-mentang ‘hanya’ hewan peliharaan maka anda memberi makannya secara asal-asalan, asal mau dan asal kenyang. Jika anda bingung makanan apa yang harus diberikan maka makanan khusus anjing yang banyak dijual di pasaran dapat menjadi pilihan.

  1. 4. Mandikan ia secara teratur

Anda tentu tidak ingin penampilan anjing anda kotor dan dekil. Selain tidak enak dipandang seperti anjing tidak bertuan hal ini juga dapat menyebabkan kulit dan bulunya dihinggapi parasit dan kutu sehingga dapat mengganggu kesehatannya. Untuk itu mandikanlah ia secara teratur minimal seminggu sekali. Anda bisa menggunakan shampo khusus anjing yang dapat dengan mudah ditemukan di petshop. Atau jika anda terlalu sibuk anda tinggal membawa anjing peliharaan anda ke salon khusus anjing.

  1. 5. Bersihkan giginya secara teratur

Layaknya manusia, gigi anjing juga harus dibersihkan sehingga giginya tetap terawat dan terhindar dari bau tidak sedap. Untuk itu anda bisa membersihkan giginya menggunakan pasta gigi khusus anjing. Kini juga telah ada pasta gigi anjing dengan rasa daging sehingga anjing anda merasa nyaman ketika giginya dibersihkan.  Membersihkan gigi anjing bisa dilakukan selama tiga kali dalam seminggu, atau pada saat anjing dimandikan.

  1. 6. Bersihkan telinganya

Telinga anjing juga merupakan bagian tubuh yang perlu dibersihkan secara rutin. Untuk membersihkannya anda dapat menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam baby oil. Kebersihan telinga anjing membuat anjing mudah mendengar apa saja yang kita perintahkan kepada mereka.

  1. 7. Potong kukunya

Kuku kaki yang terlalu panjang dapat menyebabkan anjing herder sulit berjalan. Untuk itu rutinlah memotong kuku kakinya setiap 10 hari sekali dimana kuku-kukunya sudah mulai panjang. Yang harus diperhatikan jangan memotong kukunya terlalu pendek karena dapat menyakiti anjing. Potonglah secukupnya sebelum mengenai pembuluh darah pada kuku. Sebagian hewan peliharaan sangat sensitif terhadap kukunya, karena mereka menganggap bahwa kuku adalah senjata andalan mereka saat harus menghadapi lawan tiba-tiba. Oleh karena itu, panjang-pendek pemotongan kuku harus dihindari.

  1. 8. Berikan multivitamin

Untuk menunjang kesehatan anjing anda agar semakin prima berikanlah ia vitamin secara berkala. Ada banyak merek dan jenis vitamin khusus anjing yang beredar di pasaran dan bisa dengan mudah anda dapatkan.

  1. 9. Pasangkan collar dan leash saat keluar rumah

Saat berjalan-jalan keluar rumah bersama anjing peliharaan anda jangan lupa pasangkan ia collar dan leash. Ini digunakan untuk mengendalikan anjing. Karena seperti yang kita ketahui anjing herder memiliki naluri alami untuk melindungi tuannya.

Dikhawatirkan ia menjadi tidak terkendali ketika merasa terancam sehingga penggunaan collar dan leash sangat diperlukan. Anda tentu tidak ingin mendapat masalah karena anjing anda menyerang dan menggigit orang lain.

  1. 10. Ajak bermain

Agar ia merasa fun, rileks, tidak bosan, serta mendekatkan hubungan antara anjing dan majikan jangan lupa mengajak anjing peliharaan anda bermain di sela-sela waktu olahraganya. Anda dapat menggunakan mainan khusus seperti bola dan chew toys. Apabila anda ada waktu senggang di akhir pekan, ada baiknya anda mengajak anjing herder jalan-jalan di lingkungan rumah untuk mendapatkan suasana baru dan membantu anjing mengenali lingkungannya.

  1. 11. Berikan vaksinasi

Anda tentu tidak ingin anjing peliharaan anda terinfeksi berbagai penyakit. Untuk melindunginya dari berbagai penyakit jangan lupa berikan ia vaksinasi sesuai yang kebutuhannya sehingga kekebalan tubuhnya meningkat. Jangan memberikan ia vaksinasi sembarangan jika anda tidak memiliki pengetahuan tentang hal tersebut. Percayakan pada dokter hewan sehingga anjing peliharaan anda dapat divaksinasi secara benar dan aman. Sebelum anjing divaksinasi mandikan ia terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk tidak mengajaknya berolahraga berat ketika akan divaksinasi karena dapat membahayakan kesehatannya.

  1. 12. Melatihnya untuk buang air besar dan kecil

Jika anda memelihara anjing herder yang masih kecil yang sama sekali belum terlatih sebaiknya mulailah melatihnya hal yang sangat mendasar yaitu buang air besar dan kecil pada tempat tertentu.

Hal ini penting dilakukan agar anjing peliharaan anda tidak buang air sembarangan. Anda tentu tidak ingin sekitar rumah dikotori oleh kotoran si gukguk. Selain itu pelatihan ini juga sangat baik untuk melatih kecerdasan si anjing dimana ia mulai bisa memahami apa yang boleh dan tidak boleh serta berinteraksi dengan tuannya.

Semoga bermanfaat. (aks/berbagai sumber)


Post Terkait

Comments