Tips Melatih Burung Beo Bernyanyi

Bukan hal yang mengejutkan jika burung beo bisa menirukan suara atau perkataan manusia.

Tapi, banyak pemilik burung tidak menyadari bahwa metode yang sama untuk mengajar burung berbicara dapat digunakan untuk mengajari mereka cara bernyanyi.

Burung beo secara alami mencoba menduplikasi intonasi dan nada dari suara yang mereka pelajari juga dengarkan.

Meski begitu, teknik ini membutuhkan kesabaran dan latihan untuk membuat burung beo bernyanyi.

Apakah kamu tertarik membuat burung beo peliharaanmu bernyanyi? Melansir dari The Spurce Pets pada Minggu (17/10/2021) berikut ini tips dan cara melatih burung beo bernyanyi.

Awali dengan ucapan dan perkataan

Mengajari teman berbulumu untuk melakukan trik memang menyenangkan, tapi penting agar kamu tidak berharap berlebihan dari burung beo.

Misalnya, beberapa individu burung, bahkan mereka yang spesiesnya dikenal suka berbicara, tidak semuanya bisa dan mau menirukan nada maupun perkataan.

Sebelum mulai mengajari burung untuk menyanyikan lagu, kamu harus memiliki kemampuan (dan kemauan) untuk berbicara.

Jika burung sudah mengucapkan beberapa kata, maka kemungkinan ia bisa bernyanyi adalah besar.

Tapi, jika ia belum atau tidak mau menirukan suara, kamu bisa melatihnya dengan kata per kata kemudian dilanjutkan dengan nyanyian.

Pilih area pelatihan yang sesuai

Lokasi di mana kamu melatih burung dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan sesi latihan. Memilih area pelatihan yang tepat tidak sesederhana kedengarannya dan bisa jadi agak sulit.

Ingatlah bahwa burung beo akan lebih mudah berlatih di tempat yang tidak terlalu bising atau terlalu 'akrab' untuknya.

Pilih area di rumah yang jauh dari sangkar burung dan area di mana ia biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya, tetapi juga bebas dari lalu lintas pejalan kaki maupun kendaraan bermotor.

Pastikan area tersebut bebas dari kekacauan dan gangguan, dan ruangan memiliki pintu dan jendela yang aman untuk menghilangkan risiko lalat terbang.

Dan hindari ruangan yang memiliki cermin, karena kebanyakan pemilik burung beo tahu, burung-burung ini tidak dapat melihat dirinya sendiri di cermin.

Pilih lagu yang disukai burung beo

Burung yang suka meniru suara sering lebih tertarik pada suara tertentu. Jika kamu ingin mengajari burung untuk menyanyikan sebuah lagu, ada baiknya untuk memperhatikan jenis suara yang disukai burung.

Coba pasang radio untuk melihat bagaimana burung merespons dan berbagai jenis musik.

Apakah lebih tertarik pada lagu dengan bass yang banyak, atau nada yang lebih tinggi? Apakah lebih merespon suara pria atau wanita?

Kamu juga bisa menemukan artis atau genre tertentu yang tampaknya lebih disukai burung Anda daripada yang lain.

Memilih lagu yang menyenangkan dan ceria untuk mengajari burung bernyanyi biasanya merupakan cara terbaik untuk membuat teman berbulu bernyanyi dengan cepat dan akurat.

Latih dengan perlahan

Mengajari burung bernyanyi tidak jauh berbeda dengan mengajari burung berbicara. Sangat penting untuk tidak terburu-buru ketika mengajari burung beo.

Mulailah dengan latihan perlahan dari sebuah nada dan kemudian gabungkan lebih banyak kata juga nada. Cobalah untuk mengadakan sesi pelatihan pada waktu yang sama setiap hari.

Kamu bisa menggunakan perangkat lunak pengedit audio untuk membuat loop dari satu atau dua baris pertama dari sebuah lagu yang dapat dimainkan berulang-ulang.

Dengan cara ini, hewan peliharaan akan mulai mengenali suara dan nada cocok bersama dan akan dapat memproses dengan tepat jenis vokalisasi apa yang diperlukan untuk memproduksi suara yang didengarnya.

Bernyanyi bersama

Karena burung beo suka meniru, tunjukkan perilaku yang ingin burungmu tiru. Setelah mengasah jenis musik yang disukainya, mulailah menyanyikan lagu yang ingin dipelajari.

Idealnya, bernyanyilah di dekat kandangnya sehingga ia bisa mendengar dan melihatmu. Jika burung beo mulai menyanyikan dna menirukan lagu dengan benar, berikan hadiah berupa

Semoga bermanfaat. (aks/sumber: www.kompas.com)


Post Terkait

Comments