Tips Khusus Untuk Kucing Menang Kontes

 Siapapun akan bangga jika hewan peliharannya menang kontes. Sang majikan pun akan makin sayang pada peliharaannya. Ada beberap tips yang bisa dilakukan bagi Anda yang memiiki kucing dan ingin iktu kontes. Berikut tipsnya.

  1. Biasakan kucing dikurung di dalam kandang

Apabila kucing belum pernah mengikuti kontes, latihlah kucing agar terbiasa dikurung dalam kandang (Baca juga Kandang yang Baik untuk Kucing), seperti yang digunakan pada saat kontes.

Secara bertahap, latihlah kucing agar dapat dikurung hingga 8 jam lamanya, karena pada saat kontes berlangsung kucing akan dikurung dalam kandangnya masing-masing selama kurang lebih 8 jam.

  1. Latih kucing agar terbiasa di dalam kendaraan

Karena jarak antara rumah dan tempat kontes biasanya relative jauh, maka latihlah kucing agar terbiasa bepergian jauh. Ini pun harus dilakukan secara bertahap, hingga akhirnya memenuhi perkiraan jarak dan waktu tempuh perjalanan.

  1. Biasakan kucing agar mau dipegang orang

Ini sangat penting karena pada saat kontes, juri melakukan penilaian dengan memegang kucing. Oleh sebab itu, kucing harus mau dipegang oleh selain tuannya.

  1. Beri nutrisi sebelum kontes

Untuk menjaga agar status kesehatan kucing berada dalam kondisi terbaik, pemberian nutrisi yang baik harus dilakukan setidaknya 40 hari sebelum kontes dilaksanakan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadi reaksi pascavaksinasi yang tidak diinginkan, yang mungkin timbul pada saat kontes berlangsung.

  1. Grooming

Kebersihan dan keindahan bulu kucing juga harus dijaga, Grooming dapat dilakukan 2 minggu sebelum kucing mengikuti kontes dan sehari sebelum kontes berlangsung.

  1. Siapkan semua perlengkapan kucing

Pada hari berlangsungnya kontes, jangan lupa untuk membawa semua perlengkapan kucing, seperti tempat buang air, tempat pakan dan minum, selimut, peralatan grooming, kalung untuk memasang tanda peserta, dan beberapa mainan yang disukai oleh kucing. Semoga bermanfaat. (aks/berbagai sumber)

 

 


Post Terkait

Comments